PENGEMBANGAN MEDIA PENGGARIS KONVERSI SATUAN PENGUKURAN DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS TINGGI SDN SINDUREJAN YOGYAKARTA

Muhammad Fauzan Ashikin

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk media penggaris konversi satuan pengukuran yang layak untuk digunakan dalam pembelajaran matematika di kelas tinggi SD Negeri Sindurejan Yogyakarta. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan (Research and Development) model Borg dan Gall. Namun, penelitian ini hanya menerapkan 9 tahap, yaitu studi pendahuluan dan pengumpulan informasi, perencanaan, pengembangan bentuk awal produk, uji coba lapangan awal, revisi produk uji coba lapangan awal, uji coba lapangan utama, revisi produk uji coba lapangan utama, uji coba lapangan operasional, dan penyempurnaan produk akhir. Hasil validasi ahli menunjukkan kategori sangat baik (4,22) dari segi media dan kategori sangat baik (4,70) dari segi materi. Hasil tiga tahap uji coba lapangan menggunakan instrument angket yaitu 4,6 (sangat baik); 4,50 (sangat baik); dan 4,54 (sangat baik). Dengan nilai rata-rata LKS pada masing-masing uji coba adalah 7,5; 8; dan 8,24. Berdasarkan hasil tersebut, media penggaris konversi satuan pengukuran layak untuk digunakan dalam pembelajaran matematika di kelas tinggi SD Negeri Sindurejan Yogyakarta.

Kata kunci: pengembangan media, penggaris konversi satuan pengukuran, pembelajaran matematika kelas tinggi


Abstract

This research aims to produce an appropriate the unit conversion ruler media at SDN Sindurejan Yogyakarta's advance-classroom. This research was Borg and Gall’s research and development (R&D) model. However, this research only used 9 steps which were research and information collection, planning, develop preliminary form product, preliminary field testing, main product revision, main field testing, operational product revision, operational field testing, and final product revision. The expert judgements result were 4,22 (very good category) in terms of media and 4,70 (very good category) in terms of materials. The field testing results from questionaire instrument were 4,6 (very good category); 4,50 (very good category); and 4,54 (very good category). The average cognitive test result based on minimum requirement were 7,5; 8; and 8,24. The conclusion of this research is the unit conversion ruler media is appropriate to be used in mathematic learning at SDN Sindurejan Yogyakarta's advance-classroom.

Keywords: media development, unit conversion ruler, advanced math


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.