PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP PECAHAN DENGAN KARTU DOMINO PECAHAN PADA KELAS III SDN SINDUADI 1

Risma Yunita Wijayanti

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep pecahan menggunakan media Kartu Domino Pecahan untuk siswa kelas III SD Negeri Sinduadi . Subjek penelitian ini adalah 32 siswa kelas III SD Negeri Sinduadi 1, terdiri dari 17 siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan. Objek penelitian ini adalah peningkatan pemahaman konsep pecahan dengan media Kartu Domino Pecahan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi, dan dokumentasi. Instrumen penelitian menggunakan tes tertulis, lembar observasi aktivitas siswa, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman konsep pecahan siswa kelas III SD Negeri Sinduadi 1 meningkat setelah diterapkan media Kartu Domino Pecahan dalam pembelajaran. Hal ini dibuktikan dengan persentase ketuntasan pada pra tindakan sebesar 31,25% kemudian pada siklus II meningkat menjadi 53,13% dan pada siklus II meningkat menjadi 87,5%. Nilai rata-rata pra tindakan adalah 68,93, pada siklus I menjadi 75,63 dan pada siklus II meningkat menjadi 82,19.

Kata kunci: Bruner, konsep pecahan, kartu domino pecahan


Abstract

The purpose aims at improving the understanding concept of fraction through media Fraction-Domino Cards for third grade students of Sinduadi 1 Elementary School. The subject of the research were 32 third grade students in Sinduadi 1 Elementary School who consisted of 17 boys and 15 girls. The object of the research was the improvement of understanding concept of fraction by using Fraction-Domino Cards. The techniques of data collection used in the research were test, observation, and documentation. The instruments used in the research were written test, students’ activity observation sheets, and documentation. The technique of analysis data were quantitative data analysis and qualitative data analysis. The result of the research shows that the third grade students’ understanding concept of fraction has improved after the media Fraction-Domino Cards being applied in the learning process. It was proved that in the pre-test students who reached the Minimum Grade Criterion (KKM) were only 31,25%, then in the cycle II has increased to 53,13%, and in the cycle II has increased to 87,5%. The average grade of pre-test was only 68,93 then in the cycle I has increased to 75,63, and in the cycle II has increased to 82,19.

Keywords: Bruner, concept of fraction, fraction-domino cards


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.