HUBUNGAN PERHATIAN ORANG TUA DENGAN KEPRIBADIAN SISWA KELAS TINGGI SD N 1 MUDALREJO TAHUN AJARAN 2014/2015

Ratri Isnayanti

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara perhatian orang tua dengan kepribadian siswa kelas tinggi SD N 1 Mudalrejo tahun ajaran 2014/2015.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian korelasi. Subyek penelitian adalah seluruh siswa kelas tinggi SD N 1 Mudalrejo tahun ajaran 2014/2015 yang berjumlah 70 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket dengan jenis instrumen berbentuk
skala. Sebelum digunakan sebagai alat pengumpul data, terlebih dahulu skala tersebut diuji validitas dan reliabilitasnya. Uji validitas menggunakan penilaian ahli dan uji validitas empirik setelah itu diuji reliabilitasnya menggunakan teknik Alpha Cronbach. Untuk menguji hipotesis menggunakan analisis korelasi product
moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan positif antara perhatian orang tua dengan kepribadian siswa, terlihat dari hasil pengujian hipotesis (r=0,589, p<0,05). Hal ini berarti semakin tinggi perhatian yang
diberikan orang tua maka semakin tinggi pula kepribadian siswa. Oleh karena itu hendaknya orang tua lebih memperhatikan kebutuhan anak-anaknya dan menghormati setiap pilihan anak.

Kata kunci: perhatian orang tua, kepribadian siswa

ABSTRACT

This research is to know relationship between the parent attention with student personalities high-grade SD N 1 Mudalrejo academic year 2014/2015. This research used quantitative research approach with type of correlational research. Research subjects were all students of higher grade SD N 1 Mudalrejo academic year 2014/2015, amounting to 70 students. Data collection techniques in this research using the questionaire. Before being used as a data collection, the questonaire first be tested for validity and reliability. The test validity using expert judgment and reliability testing using Cronbach Alpha. To test the hypothesis using product moment correlation analysis. The results showed there is positif corelaionl beetwen parent attention with the personality of students in a category as seen as from hypothesis testing (r=0.589 p<0.05). it is mean that attention given their parents is high, so the student personality more increase to . Therefore, parents should pay more attention to the needs of their children and to respect each child choice.

Keywords : parent attention, student personalities


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.