PENGARUH PERGAULAN TEMAN SEBAYA DAN KONSEP DIRI TERHADAP KECERDASAN EMOSIONAL SISWA KELAS V SD NEGERI SE-GUGUS III KECAMATAN TEGALREJO YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2014/2015

Elisa Dwi Rahmawati

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh pergaulan teman sebaya dan konsep diri terhadap kecerdasan emosional siswa kelas V SD Negeri se-Kecamatan Tegalrejo Yogyakarta. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif. Populasi
penelitian terdiri dari 11 SDN se-Kecamatan Tegalrejo. Sampel penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri se-Gugus III Kecamatan Tegalrejo yang berjumlah 131 siswa yang diperoleh dengan teknik cluster sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah skala psikologi. Validitas skala dilakukan oleh judgement expert dan analisis butir dan uji reliabilitas dengan rumus Alpha
Cronbach. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif dan uji hipotesis dengan regresi ganda. Berdasarkan hasil analisis data yang telah dilakukan, diperoleh hasil (1) ada pengaruh yang signifikan antara pergaulan teman sebaya terhadap kecerdasan emosional siswa dengan variasi skor kecerdasan emosional siswa yang dipengaruhi oleh variabel pergaulan teman
sebaya sebesar 24,7%; (2) ada pengaruh yang signifikan antara konsep diri terhadap kecerdasan emosional siswa dengan variasi skor kecerdasan emosional siswa yang dipengaruhi oleh variabel konsep diri sebesar 23,8%; dan (3) terdapat pengaruh yang signifikan antara pergaulan teman sebaya dan konsep diri terhadap kecerdasan emosional siswa dengan variasi skor kecerdasan emosional siswa dipengaruhi oleh variabel pergaulan teman sebaya dan variabel konsep diri sebesar 48,5%, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain.

Kata kunci: pergaulan teman sebaya, konsep diri, kecerdasan emosional

Abstract

This research aims to determine how the influence of peer relationships and self-concept of the emotional intelligence Elementary School fifth grade students throughout the District Tegalrejo Yogyakarta. The approach in this study using a quantitative approach with descriptive methods. The study population consisted of 11 SDN throughout the District Tegalrejo. Samples were Elementary School fifth grade students throughout the District Cluster III Tegalrejo totaling 131 students obtained using cluster sampling method. Data collection techniques used in this study is the psychological scale. Validity of the scale conducted by expert judgment and analysis of grain and reliability tests with Cronbach Alpha formula. The data obtained and analyzed using descriptive analysis and hypothesis testing with multiple regression. Based on the results of data analysis has been done, the result (1) no significant relationship between social peers to emotional intelligence of students with a variety of emotional intelligence scores of students were affected by the variable association of peers of 24.7%; (2) there is a significant relationship between self-concept of the emotional intelligence of students with a variety of emotional intelligence scores of students who are influenced by self-concept variables of 23.8%; and (3) a significant difference between peer relationships and self-concept of the emotional intelligence of students with a variety of emotional intelligence scores of students are influenced by variables peer relationships and self-concept variables by 48.5%, while the rest influenced by other factors.

Keywords: association peers, self-concept, emotional intelligence


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.