PENINGKATAN KETERAMPILAN MENYIMAK CERITA MENGGUNAKAN TEKNIK PAIRED STORYTELLING PADA SISWA KELAS V

Khafid Pradana,

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menyimak cerita dengan menggunakan teknik paired storytelling pada siswa kelas V SD N Ngentak, Kabupaten Kulon Progo Tahun Ajaran 2016/2017. Jenis penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Desain penelitian yang digunakan adalah model Kemmis dan Mc. Taggart. Instrumen yang digunakan berupa lembar observasi dan lembar tes evaluasi. Data hasil penelitian disajikan menggunakan teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa teknik paired storytelling dapat meningkatkan keterampilan menyimak cerita siswa kelas V SD N Ngentak. Teknik paired storytelling membuat siswa lebih fokus dan berani dalam menyampaikan pendapatnya maupun mengembangkan kemampuan imajinasinya. Peningkatan keterampilan menyimak cerita menggunakan teknik paired storytelling ditunjukkan dengan adanya peningkatan nilai rerata kelas baik pada tiap pertemuan maupun pada tiap siklus. Kondisi awal sebelum diberi tindakan nilai rerata kelas hanya 66,17, namun setelah diberi tindakan pada siklus I nilai rerata kelas meningkat menjadi 68,8. Kemudian pada siklus II nilai rerata kelas kembali meningkat menjadi 83,17 dan telah memenuhi kriteria keberhasilan penelitian. Peningkatan tersebut karena guru menerapkan teknik paired storytelling dalam pembelajaran yang membuat siswa menjadi lebih terampil.   

Kata kunci: keterampilan menyimak cerita, Teknik Paired Storytelling, Siswa Kelas V

 

Abstract

This research aims to improve the story scrutinize skill by using paired storytelling technique to  fifth grade student at Ngentak state elementary school, Kulon Progo regency, 2016/2017 lesson year. This research was classroom action research, by using Kemmis and Mctaggart models. Instrumen used in this research were obsevation sheets and evaluation test. Data analysis that used in this research were quantitative and qualitative. The results of this research showsthat the paired storytelling technique can improve the story scrutinize skill for fifth grade students at Ngentak state elementary school. It make the students more focus and brave to tell their opinion or improve their imagination skill. The improvement can be seen from the increasing of the value mean in every meeting or cyclus. In initial condition before the treatment, the mean value of class just 66,17 but after the treatment in cyclus I, it increases to 68,8. After that, in cyclus II the mean increase again to 83,17 and have been pass the success criteria of this research. The improvement because the teacher apply paired storytelling technique in lesson which make the students more skilled. 

Keyword : story scrutinize skill, paired storytelling technique, fifth grade student


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.