PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT

Aminatul Khusna

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPS melalui penerapan pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) pada siswa kelas V SD N Tinom. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan model penelitian Kemmis & Taggart yang terdiri dari perencanaan, tindakan & observasi, dan refleksi. Subjek penelitian yang digunakan adalah kelas V berjumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dan observasi yang divalidasi melalui expert judgment. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan teknik deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dalam pembelajaran IPS dapat meningkatkan hasil belajar IPS pada siswa kelas V SD N Tinom. Peningkatan hasil belajar meningkat dari hasil pre test, siklus I, dan siklus II.

Kata kunci: hasil belajar, pembelajaran IPS, NHT

 

Abstract

This research aims at knowing the improvement of social studies learning outcome of students grade V by applying cooperative learning NHT type among SD N Tinom. The type of the research was a Classroom Action Research (CAR) and the model was Kemmis & Taggart’s which consisted of planning, acting & observing, and reflecting. The subjects were 30 students. The data were collected through test and observation, then validated through expert judgment. The data obtained in this research was analyzed by using quantitative descriptive techniques. The result of the research shows the used of cooperative learning NHT type could improve the social studies learning outcome of students grade V among SD N Tinom. The improvement of the learning outcome is shown from the pre test, first cycle, and second cycle.

Keywords: learning outcome, social studies learning, NHT


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.