PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TARI BAMBU PADA SISWA KELAS V DI SD NEGERI PUCUNGROTO KAJORAN MAGELANG

Setiawan Arif Wicaksono

Abstract


Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa Kelas V SD Negeri Pucungroto tahun pelajaran 2016/2017 menggunakan Model Pembelajaran Tari Bambu. Peningkatan yang dimaksud adalah peningkatan jumlah ketuntasan nilai siswa dengan model pembelajaran tersebut agar hasil belajar siswa dapat meningkat. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Desain penelitian menggunakan Kemmis dan MC Taggart. Penelitian dilaksanakan selama dua siklus dengan masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri Pucungroto yang berjumlah 27 siswa. Instrumen yang digunakan adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar IPS yang ditunjukkan dengan meningkatnya jumlah siswa yang tuntas. Peningkatan hasil belajar IPS siswa pada materi jenis-jenis usaha dan kegiatan ekonomi di Indonesia dapat ditunjukkan dengan meningkatnya jumlah ketuntasan siswa siklus I sebesar 1 siswa yang sebelumnya pada pra tindakan sejumlah 10 siswa (37,04 %) menjadi 11 siswa (40,74 %) tuntas KKM pada siklus I, sedangkan peningkatan ketuntasan siswa hasil belajar IPS pada siklus II sebesar 15 siswa yang pada siklus I sejumlah 11 siswa (40,74 %) menjadi 26 siswa (96,3 %) tuntas KKM pada siklus II.

Kata kunci: Peningkatan hasil belajar IPS, Tari Bambu.

 

Abstract

The purpose of this study is to improve the learning results of Social Science using the learning model of Tari Bambu (Bamboo Dancing) on the students of Class V Pucungroto Elementary School in the academic year 2016/2017. The improvement means the increasing of value and activity of students related to the learning model that can increase the student learning results. This type of the research was Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). The design of research used Kemmis and MC Taggart. The study was conducted for two cycles with each cycle consist of two meetings. The subjects of this research were the students of grade V of Pucungroto Elementary School with the total of 27 students. The instruments of the research were observation, test, and documentation. The data analysis techniques used descriptive qualitative and quantitative. The results of the research showed an increase in Social Science learning result which is indicated by the increasing number of complete students. The improvement of Social Science learning outcomes in the materials of the types of businesses and economic activities in Indonesia can be shown by the increase in the number of students completeness of the first cycle of 1 students who were pre-action by 10 students (37.04%) to 11 students (40,74% ) complete KKM in cycle I, while the improvement of student's completeness of IPS learning result in cycle II is 15 students who in cycle I is 11 students (40,74%) to 26 students (96,3%) complete KKM in cycle II.

Keywords: Improvement of Social Science Results, Bamboo Dancing

 


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.