PENINGKATAN PEMAHAMAN MATERI IPS MELALUI MEDIA GAME PUZZLE

Rizki Lestari

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman materi IPS melalui media game puzzle pada siswa Kelas V SD Negeri Klegen, Pengasih, Kulon Progo. Jenis penelitian ini ialah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), kolaborasi bersama guru kelas dengan menggunakan model Kemmis dan Mc. Taggart. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pemahaman materi IPS siswa Kelas V dan telah memenuhi kriteria keberhasilan. Persentase ketuntasan pemahaman materi IPS pada pra-tindakan sebesar 30,8%, meningkat menjadi 50% pada siklus I, dan pada siklus II meningkat menjadi 85,7%. Penggunaan media game puzzle juga meningkatkan nilai rerata kelas. Pada pra-tindakan, nilai rerata sebesar 60,5 meningkat menjadi 69,5 pada siklus I dan meningkat menjadi 81 pada siklus II. Selain itu, aktivitas siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran juga mengalami peningkatan. Pada siklus I belum terdapat siswa yang memperoleh kategori baik. Akan tetapi, pada siklus II, dari 14 siswa, sebanyak 2 siswa mendapat kategori baik dan 12 siswa lainnya mendapat kategori cukup.

Kata kunci: pemahaman materi IPS, media game puzzle


Abstract

The aim of this research is to improve the Social Studies comprehension matter by using puzzle game media to the fifth grade students Klegen Elementary School, Pengasih, Kulon Progo. The type of research was Classroom Action Research, collaboration with classroom teachers used Kemmis and Mc. Taggart model. The results show that puzzle game media can improve the Social Studies comprehension matter in the fifth grade students and it fulfills the criteria of study. Percentage completeness of the Social Studies comprehension matter at pre-action 30,8%, increased to 50% in cycle I, and increased to in cycle II 85,7%. Puzzle game media also increases the average score of the class. In pre-action, the average score was 60,5 increased to 69,5 in cycle I and increased to 81 in cycle II. In addition, students activity in the following learning also increases. In the first cycle there are no students who got good category. However, in cycle II, out of 14 students of Class V, as many as 2 students got good category and 12 other students got enough category.

Key words: the Social Studies comprehension matter, puzzle game media.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.