IDENTIFIKASI AKOMODASI PEMBELAJARAN GURU KELAS TERHADAP SISWA BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SD N 4 WATES KECAMATAN WATES KABUPATEN KULON PROGO

Novita Citra Sari Cahyani

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk akomodasi pembelajaran yang diberikan guru kelas terhadap siswa berkebutuhan khusus di SDN4 Wates, Kecamatan Wates, Kabupaten Kulon Progo. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru kelas I dan V, siswa kelas I dan V, kepala sekolah. Teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara,
dokumentasi. Data dianalisis menggunakan analisis data kualitatif melalui pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan: 1) guru kelas melakukan akomodasi materi dan cara pengajaran dengan memusatkan perhatian siswa, memberikan garis besar materi, intonasi yang jelas. 2) guru kelas
melakukan akomodasi tugas dan penilaian di kelas dengan memberikan tugas secara bertahap. 3) guru kelas melakukan akomodasi tuntunan waktu dan. penjadwalan dengan memberikan toleransi waktu, memberikan jeda. 4) guru kelas melakukan akomodasi lingkungan belajar dengan menempatkan siswa didekat guru, memberi keleluasaan gerak. 5) guru kelas melakukan akomodasi penggunaan sistem komunikasi khusus dengan membiasakan membaca, menggunakan gambar dan kegiatan langsung.

Kata kunci : akomodasi pembelajaran, guru kelas, siswa

Abstract

This research aimed to describe the learning accommodation are provided by teacher for students with special needs in SD N 4 Wates, Wates subdistrict, Kulon Progo district.This research is a qualitative descriptive research. The subjects were a grade IA and VA teacher, grade IA and VA students, and the
head master. Data collection techniques used observation, interviews, documentation. Data were analyzed through data collection, data reduction, data presentation, conclusion. Using data validity checking techniques triangulation. The results showed: 1) the teachers make accommodations materials and ways of teaching with focus bustling student in class, give an outline of the material, provide intonation in conveging esplanation, 2) teachers make accommdation assignments and assessments with provide an easy task from difficult to. 3) teachers make accommodation scheduling and time guidance with tolerance time, giving tme to rest. 4) teachers make accommodations learning environment with placing students sit near the teacher, give the range of motion. 5) teachers make accommodation use special communication system with familiarize the students to read, using drawing and direct activities.

Keywords : learning accommodation, teachers, students.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.