UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES DAN SIKAP ILMIAH MELALUI PENERAPAN METODE EKSPERIMEN

Yeni Kusumawati

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan proses dan sikap ilmiah mata pelajaran IPA melalui metode eksperimen. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri 2 Wates dengan jumlah 34 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan metode eksperimen dapat meningkatkan keterampilan proses dan sikap ilmiah IPA siswa kelas V. Hal ini dibuktikan dengan rata-rata keterampilan proses IPA pada siklus I terjadi peningkatan sebesar 25% (pratindakan 48,5%, siklus I 73,5%) kemudian terjadi peningkatan pada siklus II sebesar 22% (siklus I 73,5%, siklus II 89,9%). Sementara itu rata-rata sikap ilmiah IPA siswa pada siklus I terjadi peningkatan sebesar 22,2% (pratindakan 57,6%, siklus I 79,8%) kemudian terjadi peningkatan pada siklus II sebesar 10,1% (siklus I 79,8%, siklus II 89,9%). Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa metode eksperimen dapat meningkatkan keterampilan proses dan sikap ilmiah IPA siswa.  

Kata kunci : keterampilan proses, sikap ilmiah, metode eksperimen


Abstract

This research aims at improving the science process skills and attitudes toward science through experimental method. The subjects of this research were the fifth grade students of SD Negeri 2 Wates consisting of 34 students. The data collection technique  was observation, test, and documentation. The technique of the data analysis were qualitative and quantitative descriptive. The findings of the research shows that the learning process using experimental method could improve the science process skills and attitudes toward science in the fifth grade students. This is evidence by the average science process skills in the cycle I indicate an increase of 25% (pre-action 48.5%, cycle I 73.5%), then an increase of 22% in cycle II (cycle I 73.5%, cycle II 89.9%). Meanwhile, the average attitudes toward science of the students indicate an increase of 22.2% in cycle I (pre-action 57.6%, cycle I 79.8%) then an increase of 10.1% in cycle II (cycle I 79.8%, cycle II 89.9%). So, it can be concluded that experimental method can improve the science process skills and attitudes toward science of students. 

Keyword: process skills, attitudes toward, experimental method

 


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.