PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PORTOFOLIO UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN PKn KELAS VB SD BANTUL TIMUR

Dewi Ratih

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan siswa melalui penerapan Model Pembelajaran Berbasis Portofolio pada mata pelajaran PKn di kelas VB SD Bantul Timur. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas dengan alur putaran spiral Kemmis and Taggart. Subjek penelitian adalah siswa kelas VB SD Bantul Timur yang berjumlah 19 siswa. Objek penelitian adalah keaktifan siswa. Penelitian dilaksanakan pada semester genap tahun 2016/2017 yaitu tanggal 30 Mei 2017-16 Juni 2017. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus. Setiap siklus dilakukan melalui tahapan perencanaan, tindakan dan pengamatan, refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Validitas instrumen dengan menggunakan expert judgement (pendapat ahli). Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Indikator keberhasilan penelitian ini ditandai dengan meningkatnya keaktifan siswa dalam pembelajaran PKn mencapai presentase 75%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses belajar mengajar dengan menerapkan Model Pembelajaran Berbasis Portofolio dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran PKn. Hal ini terbukti dengan peningkatan keaktifan siswa sebelum dan sesudah dilaksanakan tindakan. Peningkatan presentase keaktifan yaitu pratindakan 48,68%, pada siklus 1 meningkat menjadi 62,78%, dan siklus 2 meningkat lagi menjadi 80,08%.

Kata kunci: Keaktifan Siswa, Model Pembelajaran Berbasis Portofolio

 

Abstract

This study aimed to improve student’s activeness through the implementation of Portfolio Based Learning Model in Civics subject fifth B grade students of Bantul Timur Elementary School. This study was an action class research according to Kemmis and Taggart. The subjects were fifth B grade students of Bantul Timur Elementary School totaling of 19 students. The object of the research was the student’s activeness. The experiment was conducted in the second semester of 2016/2017 on May 30th – June 16th 2017. The study was conducted in two cycles. Each cycle consisted of planning, action and observation, and reflection. Data collection techniques used were observation and documentation. The instrument validity used was expert judgement. The techniques of data analysis were qualitative and quantitative descriptive analyses. The indicator of the research is the student’s activeness enhances 75%. The results of the study showed that implementing portfolio based learning model could improve student’s activeness in civics subject, which in the precycle 48,68%, the first cycle increased to 62,78%, and the second cycle increased up to 80,08%.

Keywords: Student’s Activeness, Portfolio Based Learning Model


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.