IDENTIFIKASI GAYA BELAJAR SISWA KELAS V SD SEGUGUS 3 KECAMATAN PENGASIH KABUPATEN KULON PROGO TAHUN AJARAN 2014/2015

Mulyati Mulyati

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kecenderungan gaya belajar siswa kelas V SD Se Gugus 3 Kecamatan Pengasih Kabupaten Kulon Progo tahun ajaran 2014/2015. Metode penelitian ini adalah survey dengan pendekatan kuantitatif. Variabel dalam penelitian ini adalah gaya belajar yang meliputi visual, auditorial dan kinestetik. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD
yang ada di Gugus 3 Pengasih Kecamatan Pengasih Kabupaten Kulon Progo tahun ajaran 2014/2015. Teknik pengumpulan data menggunakan angket tertutup dan terbuka. Adapun teknik analisis yang digunakan adalah statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setiap siswa kelas V SD se gugus 3 Kecamatan Pengasih Kabupaten Kulon Progo tahun ajaran 2014/2015 memiliki kecenderungan
pada salah satu gaya belajar visual, auditorial atau kinestetik. Mayoritas siswa memliki kecenderungan pada gaya belajar visual dengan rincian dari 111 siswa, sebanyak 59 siswa atau 53.15% mempunyai kecenderungan pada gaya belajar visual berkarakteristik suka membaca, 34 siswa atau 30.63% mempunyai kecenderungan pada gaya belajar auditorial berkarakteristik belajar dengan cara
mendengarkan dan 18 siswa atau 16.22% mempunyai kecenderungan pada gaya belajar kinestetik berkarakteristk mempunyai aktivitas kreatif : kerajinan tangan dan olahraga.

Kata kunci : gaya belajar visual, auditorial, kinestetik, siswa kelas V SD

Abstract

The purpose of this research is to determine the tendency of 5th grade student learning style in 3rd cluster Pengasih subdistrict Kulon Progo regency of the 2014/2015 academic year. The research is a survey with a quantitative approach. The variable in this research is a style of learning that includes visual, auditory and kinesthetic. The population in this research were all elementary school 5th grade students in 3rd cluster Pengasih subditrict Kulon Progo regency of the 2014/2015 academic year. The technique of collecting data using closed and opened questionnaires. The analysis technique used is descriptive statistics. The result of research shows that each elementary 5th grade students in 3rd Pengasih subdistrict Kulon Progo regency of 2014/2015 academic year have a tendency to one learning style of visual, auditory or kinesthetic. The majority of students have a tendency in visual learning style with the details of 111 students, with 59 students or 53.15% have a tendency in the visual learning style characteristics like reading, 34 students or 30.63% have a tendency in auditory learning style characterized learn by listening and 18 students or 16.22% of have a tendency to have a kinesthetic learning style characterized by creative activities: crafts and sports.

Keyword : learning style visual, auditory, kinestetic, 5th grade elementary school


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.