PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI MEDIA“BIG BOOK”

Yurike Sofyaning Pratiwi

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan membaca permulaan melalui media Big Book. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan desain Kemmis dan Mc. Taggart. Subjek penelitian adalah siswa kelas II SD Negeri Jetak yang terdiri dari 12 siswa. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini menujukkan bahwa media Big Book dapat meningkatkan keterampilan membaca permulaan siswa kelas II SD Negeri Jetak. Hal ini dibuktikan dengan, nilai rata-rata keterampilan membaca permulaan siswa pada pratindakan 69,33 meningkat menjadi 72,79 pada siklus I dan mengalami peningkatan pada siklus II sebesar 77,50. Presentase nilai rata- rata mengalami peningkatan, pada pratindakan nilai rata-rata siswa 58,33%, pada siklus I 66,67% dan siklus II meningkat menjadi 75%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa media Big Book dapat meningkatkan keterampilan membaca permulaan siswa.                                 

Kata kunci: keterampilan membaca permulaan, media Big Book.

 

Abstract

This research aims to improve the early reading skills in Indonesian language learning through “Big Book” media. This type of research was a classroom action research with Kemmis and Mc. Taggart design . The subjects of the research were students in second grade of SD Negeri Jetak that consist of 12 students.. Data analysis techniques used descriptive qualitative and quantitative.The result shows that Big Book media can improve the basic reading skills of student in the second grade of SD Negeri Jetak. This is evydanced by the average score of the students early reading skills on pre-action is 69.33 increased to 72.79 in cycle I and increased 77.50 in cycle II. The percentage of the average value was increased, the pre-action average score of students is 58.33%, in the first cycle 66.67% and the second cycle increases to 75%.So, it can be concluded that Big Book media can improved early reading skill of student.

Keywords: basic reading skill, Big Book media.

 


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.