KEEFEKTIFAN PENERAPAN METODE DEBAT TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS V SDN PETINGGEN YOGYAKARTA

Ita Suratiyanti

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan penerapan metode debat jika dikaitkan dengan motivasi belajar siswa kelas V SDN Petinggen Yogyakarta. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif jenis quasi experiment, dengan subjek penelitian siswa kelas VA dan VB SDN Petinggen yang berjumlah 58 siswa. Kelas VA sebagai kelas eksperimen dan kelas VB sebagai kelas kontrol. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah lembar skala motivasi belajar dan lembar observasi. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan  pengsisian skala motivasi belajar oleh siswa. Perlakuan yang diberikan sebanyak tiga kali dengan teknik analisis data yang digunakan adalah membandingkan rata-rata skor motivasi belajar siswa yang diperoleh dari skala motivasi belajar yang didukung dengan hasil observasi selama diberi perlakuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar akhir siswa kelas eksperimen lebih tinggi yaitu 86,69 daripada motivasi belajar awal yaitu 83,78, dan lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Kelas kontrol mengalami penurunan motivasi belajar dari 84,2 menjadi 83,97. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan metode debat terhadap motivasi belajar siswa lebih efektif diterapkan dalam pembelajaran daripada metode konvensional. Dapat dilihat dari antusias siswa dalam mengikuti pembelajaran, siswa berani mengungkapkan pendapat, dapat menyusun strategi balasan secara berkelompok dengan baik.

Kata kunci: keefektifan, metode debat, motivasi belajar

Abstract

This research aims at finding out the effectiveness of debate method implementation related to 5th grade students learning motivation in Petinggen Elementary School of Yogyakarta. The research type is a quantitative research with quasi-experiment approach. The research subjects were VA class and VB class  student of Petinggen Elementary School which were 58 students. VA class was the experiment group while the VB class was the control group. The data collection instruments were the learning motivation scale sheets and the observation sheets. The data was collected by doing observations and filling in the learning motivation scale sheets. Treatments were given three times. The data analysis technique used was to compare between student learning motivation mean scores and the learning motivation scales. This was supported by observation results of treatments done to the research subjects. The result shows that students final learning motivation of the experiment group is higher, as much as 86.69, than the initial learning motivation which was only 83.78 and is higher than the control groups.  On the other hand, the control group experienced decrease in learning motivation, from 84.2 to 83.97.  It shows that the implementation of debate method towards students learning motivation is more effective to apply than conventional methods. It can be seen from students performance in classroom when they were eager to share ideas and made a counter strategy in groups. 

Keywords: effectiveness, debate method, learning motivation


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.