STUDI TENTANG UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA SD NEGERI 1 PENGASIH

Dettiany Pritama

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya guru dalam meningkatkan kepercayaan diri siswa SD Negeri 1 Pengasih dan mengetahui kendala yang dihadapi guru dalam meningkatkan kepercayaan diri siswa SD Negeri 1 Pengasih. Subjek penelitian adalah guru kelas 1 (SM) dan guru kelas 3 (ES). Setting penelitian ini mengambil tempat di SD Negeri 1 Pengasih menggunakan pendekatan kualitatif jenis penelitian deskriptif. Metode yang digunakan dalam mengumpulkan data dengan observasi berperan serta jenis partisipasi pasif dan wawancara mendalam. Metode yang digunakan untuk menganalisis data menggunakan model Interaktif Huberman & Miles. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) upaya guru meningkatkan kepercayaan diri siswa di SD Negeri 1 Pengasih adalah (a) memberikan motivasi kepada siswa. (b) memberikan apresiasi kepada siswa. (c) mengajak siswa berkomunikasi aktif. (d) memberikan tanggung jawab khusus pada siswa yang memiliki kepercayaan diri rendah. (e) mengatur tempat duduk siswa. (f) mengkomunikasikan upaya meningkatkan kepercayaan diri siswa kepada kepala sekolah dan teman sesama guru. (2) kendala yang dihadapi guru dalam meningkatkan kepercayaan diri siswa adalah (a) guru SM dan guru ES terkendala kurangnya pengetahuan yang dimiliki dalam upaya meningkatkan kepercayaan diri siswa. (b) guru ES terkendala dengan ketidakmauan siswa bekerjasama dalam upaya meningkatkan kepercayaan diri siswa. (c) guru ES kesulitan mengajak berkomunikasi siswa yang memiliki kepercayaan diri rendah.

Kata kunci: upaya guru, kepercayaan diri siswa

Abstract

This research aims to know the teacher’s efforts in boosting students self confidence in SD Negeri 1 Pengasih and to know the constraints faced by teachers in boosting students self confidence in SD Negeri 1 Pengasih. The subject is the teacher of grade 1 (SM) and grade 3 (ES). Setting of this research taking place in SD Negeri 1 Pengasih using qualitative approach kind of descriptive research. The methods used in collecting data with participant observations the kind of passive participation and in-depth interviews. The methods used to analyze the data using Interactive model Huberman & Miles. The results showed that (1) the teacher’s efforts increase students self confidence in SD Negeri 1 Pengasih are (a) provide the motivation to students. (b) give the appreciation to students. (c) invite students to communicate actively. (d) provide a special responsibility on students who have low self confidence. (e) arrange the seating of students. (f) communicate the efforts of improving the students self confidence to the headmaster and friends of fellow teachers. (2) constraints faced by teachers in boosting student confidence are (a) both of the teacher lack of knowledge in an attempt to boost the students self confidence. (b) the subject teacher ES has been hampered by the unwillingness of students to team up in an attempt to boost the student’s self confidence. (c) teacher ES difficulty to communicating with students who have low self confidence. 

Keywords: teacher’s effort, students self confident


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.