AKOMODASI PEMBELAJARAN UNTUK SLOW LEARNER DI KELAS III SD NEGERI WIDORO KECAMATAN PENGASIH KABUPATEN KULON PROGO YOGYAKARTA

Weny Prihatini

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data tentang akomodasi pembelajaran untuk slow learner di kelas III SD Negeri Widoro, Kecamatan Pengasih, Kabupaten Kulon Progo. Aspek yang diamati dalam akomodasi pembelajaran yaitu lingkungan belajar, cara pengajaran dan materi, tuntutan waktu dan jadwal, serta tugas dan penilaian. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif . Subjek penelitian ini adalah guru kelas III SD Negeri Widoro. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi partisipatif, wawancara mendalam, dan studi dokumentasi. Data dianalisis dengan reduksi data, penyajian  data, dan penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsahan data dengan menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru kelas III SD Negeri Widoro sudah melaksanakan akomodasi pembelajaran meliputi: (1) lingkungan belajar: rotasi tempat duduk dan slow learner selalu di baris depan, memberikan umpan balik lisan, memberi penghargaan verbal dan non verbal, (2) cara pengajaran dan materi: menerapkan pembelajaran berkelompok dan mengulang penjelasan secara lisan, (3) tuntutan waktu dan jadwal: memberikan waktu tambahan bagi slow learner, (4) tugas dan penilaian: membuat isyarat agar slow learner memperhatikan dengan tepuk tangan dan isyarat lisan, membaca, mengulangi, dan menyederhanakan petunjuk tugas, serta penyajian ulangan, tes, atau perintah secara lisan dan tulisan.

Kata kunci: akomodasi pembelajaran, slow learner

Abstract

This research aims to get the data about learning accommodation for slow learner in the 3rd grade Widoro Elementary School. The aspects that observed of learning accommodation are learning environment, instructional methods and materials,time demands and schedulling, assignments and assesments . This research is a qualitative reseacrh. The subject used in this research was a teacher 3rd grade Widoro Elementary School. Collecting data in this research using partisipant observation, interviews and documentation. Data were analyzed using data reduction, data display, and conclusion. Validity test of the data using data sources triangulation and techniques triangulation. The results showed that the teacher has done the aspect of learning accommodation including: (1) learning environment: changed seating, placed slow learner in front, gave verbal feedback, verbal and non verbal rewards, (2) instructional methods and materials: use a cooperative learning techniques and oral repeat of the materials, (3) time demands and schedulling: give more time to slow learner to complete  the assignmens and process the information, (4) assignments and assesments: use oral cue and signal and hand clapping to gain attention, read, repeat,  and  simplify the instruction, teacher use test’s oral and written presentation format.

Keywords: learning accommodation, slow learner


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.