MOTIVASI BELAJAR SEORANG SLOW LEARNER DI KELAS IV SD KANISIUS PUGERAN 1

Ria Kholifah

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi belajar seorang slow learner. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Subjek penelitian ini adalah seorang slow learner  di kelas IV SD Kanisius Pugeran 1. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi partisipatif, wawancara semiterstruktur, dan dokumentasi. Instrumen dalam penelitian ini adalah peneliti yang dibantu dengan panduan observasi, panduan wawancara, dan lembar catatan lapangan. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknis analisis data model Miles dan Huberman yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Uji keabsahan data yang digunakan adalah uji kredibilitas dan uji dependabilitas. Uji kredibilitas dilakukan dengan cara triangulasi teknik, triangulasi sumber, dan menggunakan bahan referensi, sedangkan uji dependabilitas dilakukan oleh dosen pembimbing skripsi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar slow learner dipengaruhi oleh kebutuhan untuk menguasai ilmu, cita-cita, kemampuan membaca, lingkungan sekolah dan pergaulan teman sebaya, serta upaya guru dalam membelajarkan siswa. Lingkungan keluarga tidak mempengaruhi motivasi belajar slow learner karena orang tua tidak memberikan fasilitas belajar yang lengkap, tidak menciptakan situasi kondusif, tidak membimbing anak belajar, tidak memberikan pujian, hadiah, atau hukuman, dan anggota keluarga tidak memiliki kebiasaan belajar.

Kata kunci : motivasi belajar slow learner.

Abstract

This research aimed to describe factors that influence a slow learner’s motivation. This research used a qualitative approach by case study method. The subject of the research was a slow learner student on 4th grade of SD Kanisius Pugeran 1. The data were collected using participatory observation, semi-structured interview, and documentation. The instrument of this research was the researcher who facilitated using the observation guide, interview guide and field notes sheet. The data were analyzed using an analysis technique of Miles and Huberman model which consist of data reduction, data display, and verification. The data were validated using credibility test and dependability test. The credibility of this research was tested by conducting the technique triangulation, source triangulation, and using references, while the dependability of this research was tested by the lecturer. The result of this research showed that slow learner’s motivation was influenced by the need to overcome the science, goals, reading skills, school environment, social peers, and the effort of the teachers to teach students. Family environment didn’t affect slow learner’s motivation, because the parents didn’t give a complete learning facilities, didn’t create a conducive situation, didn’t help student to learn, didn’t give a praise, reward, or punishment, and the family members didn’t have a learning habit.  

Keyword: slow learner’s motivation.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.