PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL MENGGUNAKAN MULTIMEDIA BERBASIS POWERPOINT PADA SISWA KELAS III SD NEGERI 2 PUNGGELAN BANJARNEGARA

Indra Febrianto

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan meningkatkan motivasi belajar IPS siswa kelas III SD Negeri 2 Punggelan Banjarnegara. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas kolaboratif. Penelitian dilakukan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas III SD Negeri 2 Punggelan Banjarnegara yang berjumlah 26 siswa. Desain penelitian menggunakan model Kemmis dan Mc.Taggart. Data dikumpulkan menggunakan lembar observasi dan angket motivasi belajar IPS. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif menggunakan teknik persentase. Hasil penelitian menunjukkan penggunaan multimedia berbasis powerpoint dalam proses pembelajaran IPS dapat meningkatkan motivasi belajar siswa ditinjau dari hasil angket. Persentase pre-action menunjukkan 65,39% siswa memiliki motivasi dalam kategori rendah, 34,61% dalam kategori sedang, dan 0% dalam kategori tinggi. Peningkatan terjadi pada siklus I, persentase menunjukkan 0% siswa memiliki motivasi dalam kategori rendah, 50% dalam kategori sedang, dan 50% dalam kategori tinggi. Siswa yang memiliki motivasi dalam kategori tinggi belum mencapai ≥75%, sehingga tindakan dilanjutkan. Pada siklus II, persentase meningkat yaitu 0% siswa memiliki motivasi dalam kategori rendah, 19,23% dalam kategori sedang, dan 80,77% dalam kategori tinggi. Persentase siswa yang memiliki kategori motivasi belajar IPS dalam kategori tinggi sudah memenuhi ≥75% dari jumlah siswa, sehingga tindakan berhasil.  

Kata Kunci : motivasi belajar IPS, multimedia berbasis powerpoint

Abstract

This study aims to improve students' learning motivation in Social Studies in class III SD Negeri 2 Punggelan Banjarnegara. This type of research was a collaborative classroom action research. This research was conducted in two cycles, each cycle consisting of two meetings. The subjects were students of class III SD Negeri 2 Punggelan Banjarnegara totaling 26 students. Research design using Kemmis and Mc.Taggart models. Data were collected by observation sheet and motivation questionnaire of Social Studies learning. The data analysis technique using quantitative descriptive with percentages technique. The results showed that the use of powerpoint based multimedia in the Social Studies learning process could improve student learning motivation which reviewed by questionnaire results. The pre-action percentage showed 65.39% students have motivation of social studies learning in the low category, 34.61% in the medium category, and 0% in the high category. The increase occurred in the first cycle, the percentage in the first cycle showed 0% of the students have motivation in the low category, 50% in the medium category, and 50% in the high category. The students who have motivation of social studies learning in high category hadn't reached ≥75%, so the action resumed. In the second cycle, the percentage increasing that is 0% of the students have motivation in the low category, 19.23% in the medium category, and 80.77% of students in the high category. The percentage of students who had motivation of Social Studies learning in high category already meet ≥75% of the total number of students, so that the action succeeded.

Keywords: learning motivation in Social Studies, powerpoint based multimedia


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.