PENGARUH PENERAPAN MODEL CTL TERHADAP PRESTASI BELAJAR LAMBANG BILANGAN ROMAWI

Sischa Putri Pratiwi

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertjuan untuk mengetahui penerapan model CTL dalam pembelajaran matematika terhadap prestasi belajar siswa kelas IV SD Negeri 1 Jambukulon Kecamatan Ceper Kabupaten Klaten. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi experiment. Variable bebas pada penelitian ini adalah model CTL dalam pembelajaran matematika sedangkan vaiabel terikatnya adalah prestasi belajar siswa.subyek pada penelitian ini adalah siswa kelas IV SD N 1 Jambukulon yang berjumlah 20 siswa terdiri dari 11 siswa laki-laki dan 9 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes (pre- test dan post-test). Teknik analisis data menggunakan statistic deskriptif yag didukung dengan uji-t (t-test one sampel) yang didahului dengan uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas dan homogenitas. Hasil menunjukkan terdapat pengaruh signifikan penerapan model pembelajaran CTL terhadap prestasi belajar siswa. Berdasarkan hasil uji-t diperoleh nilai t hitung 2,230 lebih besar dari t tabel sebesar 1,72 (2,230>1,72) dan taraf signifikansi sebesar 0,039 lebih kecil dari nilai signifikansi sebesar 0,05 pada taraf 5% (0,039<0,05).

Kata kunci: CTL (Contextual Teaching Learning), prestasi belajar, lambang bilangan romawi

 

Abstract

This study aims at finding out the application of CTL model in learning mathematics to the achievement of fourth grade students of SD Negeri 1 Jambukulon Kecamatan Ceper Klaten District. The type of this researchwas quasi experiment research. The independent variable in this research was CTL model in learning mathematics while the dependent variablewas student achievement. The subjectsof this research were the students of class IV SD N 1 Jambukulon which amounted to 20 students consist of 11 male students and 9 female students. The technique of colecting data of this research used observation and test (pre-test and post-test). The data analysis technique of this research used descriptive statistic supported by t-test (t-test one sample) which preceded by prerequisite analysis test that are normality and homogeneity test. The results show that there was a significant influence on the application of CTL learning model to student achievement. Based on t-test results, it obtained t count value 2.230 greater than t table of 1.72 (2.230> 1.72) and significance level of 0.039 smaller than the significance value of 0.05 at the level of 5% (0.039 <0.05 ).

Keywords: CTL (Contextual Teaching Learning), learning achievement, symbol of Roman numerals


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.