PENINGKATAN KETERAMPILAN MENYIMAK CERITA PENDEK DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL FILM ANIMASI

Festia Gaby Disa Putri

Abstract


Abstrak

Penelitian bertujuan untuk meningkatkan proses pembelajaran dan nilai rata-rata keterampilan menyimak cerita pendek dengan menggunakan media audio visual film animasi pada siswa kelas VB SD N Kasihan Tahun Ajaran 2016/2017. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas kolaboratif. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas VB SD N Kasihan yang berjumlah 25 siswa. Desain penelitian menggunakan model Kemmis and Mc Taggart. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian adalah deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran yang dilakukan dengan menggunakan media audio visual film animasi dapat meningkatkan keterampilan menyimak cerita pendek pada siswa kelas VB SD N Kasihan Tahun Ajaran 2016/2017. Peningkatan proses pembelajaran terlihat pada antusias siswa selama mengikuti proses pembelajaran menyimak cerita pendek dengan menggunakan media audio visual film animasi, Aktivitas siswapun meningkat sangat tinggi. Peningkatan nilai rata-rata keterampilan menyimak cerita pendek pada siklus I sebesar 13,99, yang kondisi awal 59,56 meningkat menjadi 73,55 dan pada siklus II meningkat sebesar 20,49, yang kondisi awal 59,56 meningkat menjadi  kondisi awal 59,56 meningkat menjadi 80,05.

Kata kunci: keterampilan menyimak cerita pendek, media audio visual film animasi, dan SD


Abstract

This research aim at improving learning process and average short stories listening skill score using animated audio visual movie media in class VB of SD N Kasihan in academic year of 2016/2017. This was collaborative classroom action research. The subjects of this research were 25 students of class VB in SD N Kasihan. This research used Kemmis and McTaggart’s model. The data were collected through test, observation and documentation. The data were analysed by using quantitative and qualitative descriptive. The research result shows that animated audio visual movie media can improve class VB students’ short stories listening skill in SD N Kasihan in academic year of 2016/2017. The improvement of learning process is indicated by students’ enthusiasm when they listened to the short stories using animated audio visual media. Students’ activites increase significantly. The improvement of average short stories listening skill score in first cycle is 13.99, in which the initial and final score are 59.56 and 73.55 respectively. The improvement of average short stories listening skill score in second cycle is 20.49, in which the initial score and final score are 59.56 and 80.05 respectively. 

Keywords: short stories listening skill, animated audio visual movie media, elementary school


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.