PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI MENGGUNAKAN MEDIA OBJEK LANGSUNG

Rohmat Wijiyanto

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan proses pembelajaran dan keterampilan menulis karangan deskripsi siswa dengan menggunakan media objek pada siswa kelas IV SD Muhammadiyah Girinyono, Pengasih, Kulon Progo. Jenis Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK), dengan menggunakan model Kemmis dan McTaggart. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Muhammadiyah Girinyono yang berjumlah 8 siswa. Objek penelitian ini adalah keterampilan menulis karangan deskripsi menggunakan media objek langsung. Metode pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan penggunaan media objek langsung dapat meningkatkan proses keterampilan menulis karangan deskripsi siswa kelas IV SD Muhammadiyah Girinyono. Peningkatan terlihat dari kondisi siswa yang lebih aktif dan antusias dalam pembelajaran. Peningkatan keterampilan menulis pada siklus I meningkat sebesar 5,74, yang kondisi awalnya 68,83 meningkat menjadi 74,57 dan pada siklus II meningkat sebesar 9,96, yang kondisi awalnya 68,83 meningkat menjadi 78,53.

Kata kunci : karangan deskripsi, media objek langsung, Sekolah Dasar

 

Abstract

This research aims to improve the process of learning and essay description writing skill by using object for fourth grade students at Muhammadiyah Girinyono elementary school, Pengasih, Kulon Progo. This research was action research classroom by using Kemmis and Mctaggart models. The subject was fourth grade students at Muhammadiyah Girinyono elementary school which amounts of 8 students. The object was essay description writing skill by using direct object media. Data collecting methods were test and observation. Data analysis that used in this research was quantitative descriptive. The result of the research shows that the use of direct object media can improve essay description writing skills process for fourth grade students at Muhammadiyah Girinyono elementary school. The improvement can be seen from students condition which is more active and enthusiastic in learning. The improvement of writing skills in cycle I increase in the amount of 5,74, which the initial condition is 68,83 increase to 74,57 and in cycle II increase in the amount of 9,96 which the initial condition is 68,83 increase to 78,53.

Keyword: essay description, direct object media, Elementary School


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.