KEDISIPLINAN GURU DALAM PROSES PEMBELAJARAN DI SD NEGERI 1 SEMBUNG, WEDI, KLATEN

Febri Kusumaningtyas

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan kedisiplinan guru dalam proses pembelajaran di SD Negeri 1 Sembung, Wedi, Klaten.Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif jenis deskriptif, dengan subjek kepala sekolah, guru dan siswa kelas I hingga VI. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi partisipasi pasif, waancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah model Miles dan Huberman. Peneliti menguji kredibilitas data melalui triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada tahap perencanaan, semua guru sudah disiplin dalam pembuatan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), namun berbeda waktu pembuatannya. Pada tahap pelaksanaan, guru sudah disiplin dalam menampilkan sikap yang baik seperti adil, sopan, dan toleransi antar sesama, namun guru masih terlihat kurang disiplin dalam hal pengaturan waktu pembelajaran. Dalam tahap evaluasi hasil belajar, guru sudah melaksanakan evaluasi sesuai aturan yang berlaku, namun yang terlihat guru hanya memberikan evaluasi pada ranah pengetahuan (kognitif) saja.

Kata kunci: kedisiplinan guru, proses pembelajaran

 

Abstract 

The research aims to know and describe the discipline of the teachers at SD Negeri 1 Sembung. The research used descriptive qualitative approach with headmaster, teacher, 1st and 6th grader students as the subject. The data were collected using passive participan observation, interview, and documentation. The data were analyzed using Miles and Hubermand method. The data were validated using source and technique triangulation. The result of the research shows that in planning phase, all teachers are already made lesson plan, but in different time. In implemantation phase, teachers show good atittude such as fair, polite, and tolerate toward each other, but can’t manage the learning time, really well. In evaluation phase, teacher apply it as regulated, but only in cognitive aspect.

Keyword: teachers’ discipline, learning process


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.