PENINGKATAN HASIL BELAJAR PKn MELALUI MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE

Siti Choerifki

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar PKn dengan menggunakan model pembelajaran scramble untuk siswa kelas V SDN Prawirotaman Yogyakarta. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri Prawirotaman Yogyakarta yang berjumlah 17 siswa. Penelitian ini menggunakan model Kemmis & Mc Taggart. Metode pengumpulan data pada penelitian berupa tes, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar PKn siswa kelas V SDN Prawirotaman Yogyakarta setelah menggunakan model pembelajaran scramble pada siklus I maupun siklus II. Berdasarkan hasil tes dalam pelaksanaan pembelajaran dengan model pembelajaran scramble, siswa yang mencapai nilai ≥75 sebesar 70,59% pada siklus I dan meningkat menjadi 88,24% pada siklus II. Peningkatan tersebut terjadi setelah adanya perbaikan tindakan pada siklus II yaitu guru membagi kelompok menjadi lebih jelas, anggota kelompok diperkecil jumlahnya, dan pemberian reward kepada siswa yang tenang. Tindakan diberhentikan pada siklus II karena telah mencapai kriteria keberhasilan.

Kata kunci: hasil belajar, PKn, model pembelajaran scramble

 

Abstract

The research is aim at improving the learning achievement of civic education using scramble learning model. The kind of research was an Classroom Action Research (CAR). The subject of this research were amounting of 17 students. The methods of data collection were test, observation, and documentation. The research design used Kemmis and Taggart model. The result of the research shows that there is an improvement of learning achievement of civic education by students of 5th grade of SDN Prawirotaman after using the scramble learning model in cycle I and cycle II. Based on the results of the test in the implementation of learning with the scramble learning model, students who achieve the value of ≥75 of 70.59% in cycle I and increased to 88.24% in cycle II. The increase in learning achievement occurred after improvements in cycle II that teachers divided groups clearly, group members reduced, and rewards to quiet students. Action dismissed in cycle II because it has reached the criteria of success.

Keyword: learning achievement, civic education, scramble learning model


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.