PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MENGGUNAKAN METODE KATA LEMBAGA DAN MEDIA BIG BOOK

Nurul Utami

Abstract


Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan proses pelaksanaan pembelajaran membaca permulaan dan untuk meningkatkan hasil kemampuan membaca permulaan melalui metode kata lembaga dengan menggunakan media big book. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas I SD N Minomartani 1 yang berjumlah 31 siswa. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas menggunakan model Kemmis dan Mc. Taggart. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif. Penelitian menunjukkan penggunaan metode kata lembaga dan media big book bergambar dapat meningkatkan proses pembelajaran. Peningkatan proses menunjukkan siswa sudah terlihat lebih antusias, percaya diri dan berani untuk membaca di depan kelas. Peningkatan kemampuan membaca permulaan pada siklus I sebesar 4,93 yang kondisi awal 69,55 meningkat menjadi 74,48 dan pada siklus II meningkat sebesar 8,80 yang kondisi awal 69,55 meningkat menjadi 78,35.

Kata kunci: kemampuan membaca permulaan, metode kata lembaga, media big book, media gambar.

 

Abstract

This research aimed to improved the learning process and improved the result of initial reading ability by using the based words method and big book in grade I SD N Minomartani 1. The subjects were 31 students grade I of SD N Minomartani 1. This research was Clasroom Action Reaserch employed with Kemmis and Taggart models. Instrumen data collection used test result and observation sheet. Data analyses techniques used statistic descriptive. This research showed that used based word method and big book can improved the learning process. The improved of learning process showed that students more enthusiastic, confident, and dared to read in front of class. The research also showed incrase the reading ability on pre-action was 4,93 from first conditions 69,55 become 74,48 and at second cycle incrase amount 8,80 from first conditions 69,55 become 78,35.

Keywords:initial reading ability,based words method, big book, image.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.