PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR IPS SISWA KELAS II

Fitrianida Ul Husna

Abstract


Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan penerapan strategi picture and picture dalam meningkatkan motivasi belajar IPS siswa kelas II SD Negeri Kraton. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas kolaboratif yang dilakukan sebanyak 2 siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri Kraton yang berjumlah 17 siswa. Analisis data yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan strategi pembelajaran picture and picture dapat meningkatkan motivasi belajar IPS siswa kelas II SD Negeri Kraton. Peningkatan motivasi terjadi karena dalam prosesnya siswa diminta untuk berpikir logis dengan menempelkan gambar sesuai dengan peraturan dan menyampaikan pendapat. Siswa lebih aktif dalam kegiatan pembelajaran seperti dengan menjawab pertanyaan dan menyampaikan pendapatnya. Rata–rata motivasi belajar IPS siswa pada tindakan siklus I adalah 74 % dengan kategori tinggi. Pada siklus II, motivasi belajar IPS meningkat menjadi 81% dengan kategori tinggi sehingga telah tercapai keberhasilan, sehingga penelitian ini tidak dilanjutkan ke siklus berikutnya. 

Kata kunci: Strategi Pembelajaran Picture And Picture, Motivasi belajar IPS


Abstract

This research aim to explain the implementation of picture and picture strategy to improve student’s learning motivation  in social studies. This type of this research were classroom action research conducted in 2 cycles. The subjects of this research were the second grade students of SD Negeri Kraton, which were 17 students. The research used descriptive quantitative as data analysis. Techniques data validity used a validated questionnaire through expert jugdment. The results of this research indicate the application of picture and picture can improve students’s learning motivation  in social studies. Implementation of picture media as the main tool in picture and picture learning strategy can improve students' learning motivation because in the process students are asked to think logically. Implementation of the action in cycle I, the average student's learning motivation sosial studies is 74%. Then it increases again after the action is done in cycle II, to 81% with high category, so this research does not proceed to the next cycle. 

Keywords: strategy picture And picture, learning motivation in social studies


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.