PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS KELAS V SD

Desi Rintan Puspitasari

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Muhammadiyah Bogor pada mata pelajaran IPS dengan pokok bahasan kenampakan alam dan keragaman suku dan budaya, serta pembagian waktu di indonesia dengan menggunakan media audio visual. Subjek dalam penelitian ini siswa kelas V SD Muhammadiyah Bogor dengan jumlah 22 orang siswa. Penelitian ini berlangsung dalam dua siklus. Siklus I terdiri dari 2 pertemuan dan siklus II terdiri dari 2 pertemuan. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian tindakan kelas adalah tes dan observasi. Instrumen yang digunakan adalah soal tes dan lembar observasi.  Teknik   analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar IPS siswa mengalami peningkatan. Hal tersebut ditunjukkan dengan peningkatan nilai rata-rata kelas yaitu pada saat pratindakan 63,2 meningkat menjadi 71,7 pada siklus I kemudian meningkat lagi pada siklus II menjadi 77,65. Selain itu, jumlah siswa yang mencapa ketuntasan pada pratindakan sebesar 31%, siklus I sebesar 54,5%, dan siklus II sebesar 100%.

Kata kunci: Hasil Belajar IPS, Penggunaan Media Audiovisual


Abstract

This research aims to improve the 5th students’ Social Studies learning achievement in SD Muhammadiyah Bogor, which the topic is focused on natural appearance, cultural and ethnic diversity, an Indonesia’s three times zone using audiovisual media. The subjects of this research were 22 students of 5th grade students in SD Muhammadiyah Bogor. This research was conducted in 2 cycles. Cycle I was done in 2 meetings and cycle II was also executed in 2 meetings. The methods used in this classroom action research were test and observation. The instruments were students’ worksheet and observation sheet. The data analytic techniques were qualitative and quantitative descriptive technique. The result shows that students’ Social Studies learning achievement improve throughout the research. It’s proven by the improvement of students’ average score which was 63,2 in pre cycle, increases to 71,7 in cycle I and increases again to 77,65 in cycle II. Students who passed the minimum score criteria also increase from 31% in pre cycle to 54,5% in cycle I, to 100% in cycle II.

Keyword : Social Studies learning achievement, Audio-visual media utilization


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.