PENGARUH PENDEKATAN LINGKUNGAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR KOGNITIF IPA

Sri Nurisa Ndaruwiyati

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh positif pendekatan lingkungan alam sekitar terhadap prestasi belajar kognitif IPA siswa kelas IV SD se-Gugus II Kecamatan Prambanan kabupaten Klaten. Jenis penelitian ini adalah penelitian kunatitatif eksperimen. Desain penelitian ini yaitu quasi experimental design bentuk nonequivalent control group design. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 4-21 April 2017. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD se-Gugus II Kecamatan Prambanan Kabupaten Klaten. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi dan tes. Hasil penelitian disajikan menggunakan teknik analisis data inferensial.Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh signifikan prestasi belajar kognitif IPA antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Hal ini dibuktikan dari hasil perhitungan t-test prestasi belajar. Nilai thitung = 2,511 > ttabel = 2,064, sehingga dapat disimpulkan bahwa perbedaan yang ada adalah signifikan. Pembelajaran dengan pendekatan lingkungan alam sekitar membuat siswa aktif mengikuti pembelajaran sehingga prestasi belajar kognitif IPA siswa tercapai optimal.

Kata kunci: IPA, pendekatan lingkungan alam sekitar, prestasi belajar


Abstract

The research aims to determine the positive influence of the natural environmental approach to cognitive science learning performance of the fourth grade students throughout the cluster II district of Prambanan Klaten regency. This research was a quasi-experimental with non-equivalent control group design. This research was conducted on April 04-21, 2017. The population in this research were a fourth class student se-cluster II district of Prambanan Klaten regencyt. Data recovery techniques in this recorvery used observation and testing. The results of the research were presented data analysis techniques inferensial. The result shows a significant effect of cognitive science learning performance between the experimental and the control group. This is evidenced by the results of the t-test calculation learning performance. tvalue = 2511> t table = 2.064, it can be concluded that there is a significant difference. Learning with the surrounding nature approach makes students actively participate, so they get optimal in cognitive science learning achievements.

Keywords: science, enviromental approach,leraning achievements


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.