PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI IMPLEMENTASI TIPE CARD SORT DI KELAS V

Evy Astuti

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA melalui implementasi tipe card sort di kelas V. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas.Subjek penelitian adalah siswa kelas V yang terdiri dari 25 siswa. Desain PTK menggunakan model Kemmis dan Taggart yang meliputi perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, siklus I terdiri dari dua pertemuan dan siklus II terdiri dari dua pertemuan. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan hasil belajar IPA siswa kelas V di SD Tancep 1 setelah menggunakan active learning tipe card sort. Peningkatan persentase hasil belajar kognitif siswa dari kegiatan pra siklus dan setiap siklus, yaitu pada pra siklus sebesar 52%, pada siklus I meningkat menjadi 76%, dan pada siklus II meningkat menjadi 100%. Hasil belajar afektif juga menunjukan peningkatan dari siklus I yaitu 68% kategori baik dan meningkat pada siklus II menjadi 88% yang mendapatkan nilai >2,50 dengan rincian 72% kategori baik dan 16% kategori sangat baik.

Kata kunci : Hasil Belajar,Card Sort, IPA

 

Abstract

This research aims to improve the science learning achievement through Cart Sort type at 5th grade students. The kind of this research was classroom action research. The subjects of this research were the students of grade 5th which consists of 25 students. The model of classroom action reseach used Kemmis and Mc Taggart’s spiral model which consist of planning, action, observation, and reflection. This research was conducted in two cycles. Every cycle consists of two classroom meeting. Data collection techniques used test, observation, and documentation. The result of the research shows that the Card Sort implementation can improve the science learning achievement at 5th grade students in SD Tancep 1. The student’s cognitive study result from 52% in preaction to 76% in cycle I and 100% in cycle II. The student’s affective study result is increase from 68% in cycle I to 88% in cycle II in good category. This affective study result had value >2,50 with details of 72% good category and 16% very good category.

Keywords: Learning achievement, Card Sort, Science



Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.