PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS IV SD NEGERI BENER 1 NGRAMPAL SRAGEN

Afrinda Pradita

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan mengembangkan media komik yang layak untuk meningkatkan keterampilan membaca pemahaman pada mata pelajaran bahasa Indonesia di kelas IV SD Negeri Bener 1 Ngrampal Sragen.Jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah penelitian pengembangan (Research and Development) yang mengadaptasi model ADDIE. Teknik pengumpulan data menggunakan tes pretest-postest, wawancara, dan angket.Teknik analisis data menggunakan analisis data kualitatif dan statistik deskriptif kuantitatif. Hasil penilaian ahli materi diperoleh rata-rata skor 4,56 ( kriteria sangat baik). Hasil penilaian ahli media diperoleh rata-rata skor 4,59 ( kriteria sangat baik). Hasil uji coba memperoleh kriteria sangat baik yaitu hasil uji coba lapangan operasional memperoleh rata-rata skor 4,43. Sedangkan hasil uji coba praktisi guru memperoleh rata-rata skor 4,74 dengan kriteria sangat baik. Hasil pretest-postest melalui uji rata beda sebesar 0,037 dan peningkatan rata-rata nilai keterampilan membaca pemahaman setelah penggunaan media komik sebesar 0,376 dengan kriteria sedang. Berdasarkan hasil uji coba, media komik layak untuk digunakan dalam pembelajaran serta dapat meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa kelas IV pada mata pelajaran bahasa Indonesia.

Kata Kunci: pengembangan, komik, membaca pemahaman, bahasa Indonesia

 

Abstract

This research aims to develop comic media that is feasible to improve reading comprehension skills on Indonesian language subjects in class IV SD Negeri Bener 1 Ngrampal Sragen.The type of the research wasADDIE as a kindof Research and Development. The data were  collected by pretest-postest, interviews, and questionnaires. Qualitative andquantitative desciptive statistics were used as the analysis techniques. The result of the material experts get score 4,56 ( very good criteria). The result of media experts get score 4,59( very good criteria). The result of the trials obtains very good criteria ie the results of the operational test of the sample obtains an average score of 4,43.The results of field trials by practitioner (teacher) obtains an average score of 4,74 includevery good category. The pretest-posttest result through the t-test is 0,037 and the average score of reading comprehension after using comic media is 0,376 with medium creation. Based on trial results, comic media is fesiable to be using in learning and can improve reading comprehension skill of 4th graders in the Indonesian language.

Keyword: development, comic, reading comprehension, Indonesian language

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.