IMPLEMENTASI MUATAN LOKAL DI SD NEGERI 2 PATALAN

Yuhdie Aharis

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikanimplementasi muatan lokal di SD Negeri 2 patalan. Penelitian ini meneliti terkait proses perencanaan, pelaksanaan, evaluasi serta sarana dan prasarana pada implementasi muatan lokal. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Subyek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru kelas IV dan 16 siswa kelas IV. Obyek penelitian ini adalah implementasi muatan lokal Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan pengumpulan data, data condensation, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan teknik triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam implementasi muatan lokal di SD Negeri 2 Patalan adalah sebagai berikut: (1) dalam tahap perencanaan, sekolah menyeleksi muatan lokal berdasarkan potensi daerah sekitar sekolah dan menjalankan muatan lokal yang diwajibkan oleh dinas pendidikan. Silabus dibuat sendiri oleh pihak sekolah dan mendapatkannya dari dinas pendidikan. RPP dalam setiap pembelajaran dibuat berdasarkan silabus yang dimiliki oleh sekolah (2) dalam tahap pelaksanaan, guru melakukan interaksi pembelajaran dengan menggunakan metode dan pendekatan yang dianggapnya paling efisien dan juga sesuai dengan RPP; (3) dalam tahap evaluasi, guru memberikan soal penilaian pada setiap pertemuan kepada siswa setelah melakukan refleksi pembelajaran yang nantinya akan diakumulasi dan dimasukkan kedalam rapot,; (4) ketersediaan sarana dan prasarana, pihak sekolah menyediakan sarana dan prasarana berdasarkan anggaran dari pemerintah untuk pembelajaran muatan lokal.

Kata kunci:implementasi, muatan lokal.

 

Abstract 

This research aims to describe the implementation of local content in SD Negeri 2 Patalan. This research investigates the process of planning, implementation, evaluation, as well as medium and infrastructure of the local content implementation.This research was a qualitative research. The subjects of this research werethe head master, IV grade teacher and 16 students of IV grade. The object of this research wasthe implementation of local content. The techniques that used to collect data were observation, interview and documentation. The data were analysed by usingdata collecting, data condensation, data presentation and drawing conclusion. Data validity were using source and technique triangulation.The results of the research shows that the implementation of local content in SD Negeri 2 Patalan can be done through these methods: (1) in the planning process, the school selects certain local content based on the potensial characteristictsaround the school area and implements local content obligated by the department of education. Syllabus can be arranged by the school and got from the department of education. The lesson plan in every meeting is arranged from the syllabus;(2)in the implementation process, the teacher will use the most effective method and approach along with the lesson plan; (3)in the evaluation process, the teacher will give an assessment for every meeting learning for the students after the learning reflection that will be accumulated and will be put in the student’s raport progress, the local content implementation is considered succeeded, if the students’ scores are good then the implementation of local content will be held like the previous year, but if the students’ scores are bad, the school will revise to enhance the the implementation; (4) the availability of the media and infrastructure, the school supplies the media and infrastructure based on the government’s estimation.    

Keywords: implementation, local content.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.