PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT

Dani Muhammad Darmawan

Abstract


Abstrak 

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar IPA siswa kelas V SD Negeri pendem.  Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas model Kemmis dan Mc. Taggart. Pengumpulan data melaui skala dan  tes. Teknik analisis data menggunakan analisis kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan  bahwa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dapat meningtkan motivasi dan hasil belajar IPA siswa. Pada pra tindakan motivasi siswa menunjukkan 63,8% masuk kategori sedang. Data yang diperoleh dari sekolah menunjukkan rata-rata hasil belajar siswa sebesar 56,3.  Pada siklus I motivasi dan hasil belajar siswa sudah meningkat karena siswa senang dengan pembelajaran TGT. Hasil skala menunjukkan motivasi siswa sebesar 73,8% termasuk kategori sedang. Hasil belajar siswa menunjukkan rata-rata 75,1. Pada siklus II hasil skala menunjukkan motivasi siswa sebesar 83,2% termasuk kategori tinggi dan  rata-rata hasil belajar siswa sebesar 91,2 dan telah memenuhi kriteria keberhasilan penelitian. 

Kata kunci: model pembelajaran kooperatif tipe TGT, motivasi, hasil belajar IPA 

 

Abstract 

This research aims at improving the motivation and science learning result of fifth grade students at SD N Pendem. The research type was classroom action research with Kemmis and Taggart model. The data collecting was done by scale and test.The data analysis used quantitative and qualitative analysis. The research result shows the using cooperative learning with TGT type can improve students motivation and science learning result. At pre-action, students motivation show only 63,8% reach medium category. The data from school shows that the mean students learning result are 56,3.at the cycle I, students motivation and learning result has improve, because students are happy with game and tournament activities. The scale result show the students motivation at final were 73,8% reach medium category. The mean students learning result show 75,1. At cycle II, the scale result students motivation show 83,2% reach motivation high category and the mean students learning result  show 91,2 and fulfilled the criteria of success research. 

Key word: cooperative learning with TGT type, motivation, science learning result 


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.