PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA ASPEK KEBAHASAAN MELALUI ROUND ROBIN

Desiana Indri Astuti

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berbicara aspek kebahasaan melalui model pembelajaran kooperatif tipe round robin pada siswa kelas III SD Negeri 1 penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas kolaboratif menggunakan model Kemmis dan Mc. Taggart. Subjek penelitian ini adalah siswa yang berjumlah 17 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe round robin dapat mening- katkan keterampilan berbicara siswa aspek kebahasaan siswa kelas III SD Negeri 1 Pengasih. Peningkatan ket- erampilan berbicara aspek kebahasaan tersebut dapat dilihat dengan tercapainya indikator keberhasilan penelitian dengan meningkatnya rerata kelas dan peningkatan prosentase kelulusan kelas. Rerata kelas pada si- klus I nilai menjadi 75,59 , dan pada siklus II naik menjadi 78,53. Prosentase ketuntasan siswa pada siklus I 70,58% dan siklus II naik menjadi 82,35%.

Kata kunci: pembelajaran kooperatif tipe round robin, keterampilan berbicara aspek kebahasaan

 

Abstract

This reseach aims to improve student’s speaking skills especially from linguistic aspect through implementation of cooperatif learning model round robin type in grade III SDN 1 Pengasih. This research was a collaborative action research with Kemmis and Mc. Taggart models. The subject of this research were student in grade III SDN 1 Pengasih with 17 members of student. Data collected technique of the research were test, observation, and documentation. The result shown that the implementation of cooperatif learning model round robin type can improve students speaking skill especially linguistic aspect. The improvement could be seen from the achievement of success indicator research. Class achievement increased from first cycle reached 75,59 becames 78,53 in second cycle. Presentase of students in first cycle was 70,58% becames 82,35% in second cycli.

Keywords: cooperatif learning round robin, speaking skills linguistic aspect


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.