PENGARUH MODEL NHT TERHADAP PRESTASI BELAJAR PKn SISWA KELAS V SD N KALASAN BARU

Putri Utami

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran koopertif tipe Numbered Heads Together (NHT) terhadap prestasi belajar PKn siswa kelas V SD N Kalasan Baru Kecamatan Kalasan Kabupaten Sleman. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitaif. Desain penelitian kuantitatif yaitu menggunakan quasi eksperimen “Nonequivalent Control Group Design”, instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes. Teknik analisis data menggunakan mean dan uji paired t test (uji t).Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) berpengaruh terhadap prestasi belajar PKn pada siswa kelas V SD N Kalasan Baru Kabupaten Sleman. Hal ini ditunjukkan dari nilai t hitung lebih besar dari pada t tabel (2,431>2,003), dengan nilai signifikansi sebesar 0,018 lebih kecil dari taraf signifikansi 0,05 (0,018<0,05).

Kata kunci: prestasi belajar, pembelajaran kooperatif, Numbered Heads Together (NHT)

 

Abstract

This research aim to find out the effects of Numbered Heads Together (NHT) model toward civics achievement of fifth grade students of SD N Kalasan Baru. This research was quasy experiment type Nonequivalent Control Group Design. This research used test as instrument. Then, mean and T test were used as technique for analysis. The results show that Numbered Heads Together (NHT) model effecting for civics achievement in grade V of SD N Kalasan Baru  district of Kalasan Sleman. This is indicated by t value more than t table (2,431>2,003), with value of significance is 0,018 less than level of significance 0,05 (0,018<0,05).

Keywords : cooperative learning type of Numbered Heads Together (NHT), civics achievement


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.