PENINGKATAN CRITICAL THINKING SISWA KELAS V PADA PKN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INSTRUCTION

Esti Rahmawati

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan critical thinking siswa kelas V pada mata pelajaran PKn melalui model pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) di SD Negeri 1 Sedayu. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas kolaboratif dengan menggunakan model penelitian dari Kemmis& Taggart. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, skala, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan penggunaan model pembelajaran Problem Based Instruction dapat meningkatkan critical thinking siswa kelas V pada mata pelajaran PKn. Rata-rata hasil observasi pada tahap pra siklus sebesar 1,9 meningkat pada siklus I menjadi 5,3 kemudian pada siklus II meningkat menjadi 7,2. Hasil rata-rata skala pada pra siklus sebesar 6,77 meningkat pada siklus I menjadi 7,0 dan meningkat kembali menjadi 7,1 pada siklus II.

Kata kunci: critical thinking, kelas 5, model pembelajaran Problem Based Instruction.


Abstract

This study aims to improve the critical thinking of 5th grade students in Educational Citizenship through Problem Based Instruction learning models at SD Negeri 1 Sedayu. This research was collaborative class action research that uses Kemmis& Taggart research design. The data were collected by observation technique, scale, and documentation. Data analysis technique used quantitative and qualitative descriptive technique. The result of this study shows that Problem Based Instruction learning models can improve the critical thinking of 5th grade students in Educational Citizenship. The average of observation result at pre cycle become 1,9 increase in cycle I that is 5,3 and increased to 7,2 in cycle II. The average mean-scale in pre cycle is 6,77 increase become 7,0 at cycle I, and increased again to 7,1 at cycle II.

Keyword: critical thinking, 5th grade, problem based instruction learning model


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.