EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA GRAFIS TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR

Anida Mikantri

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan  media grafis terhadap keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan kelas V SD Palbapang Baru. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment dengan bentuk nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini ialah 42 siswa kelas V. Teknik pengumpulan data menggunakan tes kinerja. Sumber data primer ialah observasi, sumber sekunder ialah angket, dan dokumentasi. Instrumen penelitan diuji melalui uji validasi product moment, uji reliabilitas cronbach alpha. Teknik analisis data menggunakan uji t dengan melalui uji prasyarat analisis terlebih dahulu yaitu uji normalitas dengan uji Kolmogorov-Smirnov dan uji homogenitas dengan uji Lavene. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengaruh penggunaan media grafis efektif terhadap keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan kelas V SD Palbapang Baru. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil perhitungan uji t dimana diperoleh thitung > ttabel yaitu 6.532 > 2.093 dan Asymptotic Sig <  taraf signifikansi 5%  yaitu 0,000 < 0,05. 

Kata kunci: Media grafis, Keaktifan belajar.


Abstract

This research aims to to analyze the effectiveness of the use of graphic media toward student’s learning activeness in civics subjects V grade SD. This research was a quasi-experimental research in a form of nonequivalent control group design. The population are 42 fifth graders. Data collection techniques used performance tests. The primary data source was observation, secondary sources was question form and documentation. The research instruments were tested through test product moment validation, and cronbach alpha. Data analysis techniques using t-test with the prerequisite analysis in advance i.e. normality test with the Kolmogorov-Smirnov test and homogenity test with Lavene test. The results of this research shows that the use of graphic media effective toward student’s learning activeness in civics subjects V grade SD. It is proved by the results of the calculation of t test which obtained tcount> ttable i.e. 6,532 > 2.093 and Asymptotic Sig significance level 5% < i.e. 0.000 < 0.05. 

Keywords: Media graphics, Student’s learning activeness.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.