EFEKTIVITAS METODE PERMAINAN EDUKATIF TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS II SD NEGERI DEMAKIJO 1

Lantip Nur Ikhwan

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas metode permainan edukatif terhadap hasil belajar matematika di kelas II SD Negeri Demakijo 1 Gamping Sleman tahun ajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment dengan bentuk nonequivalent control group design. Subjek penelitian ini adalah 60 siswa kelas II tahun ajaran 2016/2017 yang terbagi ke dalam dua kelas. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes, observasi dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan membandingkan rata-rata skor akhir kedua kelompok, serta perhitungan uji gain. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat efektivitas metode permainan edukatif terhadap hasil belajar matematika di kelas II SD Negeri Demakijo 1 Gamping Sleman tahun ajaran 2016/2017. Hasil penelitian tersebut dibuktikan dengan mean nilai post-test yang diperoleh kelompok eksperimen dan kelompok kontrol yaitu 7,267 > 6,517 dan uji gain diperoleh kelompok eksperimen dan kelompok kontrol sebesar 0,35 > 0,13. Berdasarkan hasil perhitungan tersebut dapat dimaknai bahwa kelompok eksperimen memiliki perubahan yang lebih tinggi dibanding dengan kelompok kontrol.

Kata kunci: permainan edukatif, hasil belajar matematika.

 

Abstract

The aim of this research is to find out the effectiveness of the use of educative games to the result of learning mathematics of second grade students inSD Demakijo1 Gamping Sleman school year 2016/2017. This research was a quasi-experimental in a form of nonequivalent control group design. The subject were all of second grade students of SDDemakijo 1 Gamping Sleman which numbered 60 students in school year 2016/2017 that consist of two class.Collection data techniques that used were test, observation, and documentation. Analysis data techniques used comparison mean post-test of experiment group and control group. Beside the comparison of mean, analysis data used gain test. The result show that this research has effectiveness of the use of educative games to the result of learning mathematics of second grade students inSD Demakijo 1 Gamping Sleman school year 2016/2017. The results of this research are proved by mean of post-test experiment group and control group that is 7,267 > 6,517 and the gain test of experiment group and control group is 0,35 > 0,13. Based on the calculation results, can be interpreted that experiment group had the changes higher than control group.

Keywords: educative games, mathematics learning result.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.