PENGARUH PERMAINAN KARTU KUARTET TERHADAP HASIL BELAJAR GEOMETRI KELAS V

Anisa Muji Prasidya

Abstract


Abstrak

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh permainan kartu kuartet terhadap hasil belajar geometri siswa kelas V SDN Kotagede 1 Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dan desain penelitian ini adalah kuasi eksperimen dan rancangan nonequivalent control group. Populasi penelitian ini adalahΒ  seluruh siswa kelas V SDN Kotagede 1 Yogyakarta yang berjumlah 63 siswa dan terbagi menjadi dua kelas yaitu kelas VA sebagai kelompok kontrol dan kelas VB sebagai kelompok eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan, yaitu observasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis inferensial dengan membandingkan uji-t dan normalitas gain (N-Gain) kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh positif permainan kartu kuartet terhadap hasil belajar geometri bangun ruang siswa kelas V SDN Kotagede 1 Yogyakarta. Hal tersebut dibuktikan dengan uji-t hasil belajar pada kelas eksperimen dan kelas kontrol diperoleh π‘‘β„Žπ‘–π‘‘π‘’π‘›π‘” > π‘‘π‘‘π‘Žπ‘π‘’π‘™ yaitu 2,364 > 2,041. Uji N-Gain diperoleh hasil untuk N-Gain kelompok eksperimen lebih dari kelompok kontrol yaitu 0,47 > 0,35. Berdasarkan hasil perhitungan tersebut dapat dimaknai bahwa kelompok eksperimen memiliki perubahan hasil belajar yang lebih dari kelompok kontrol.Β 

Kata Kunci: Permainan, Kartu Kuartet, Hasil Belajar Matematika, Geometri

Abstract

The research aimed to find out the influence of quartet card games toward geometric learning achievement at fifth grade students of SDN Kotagede 1 Yogyakarta. The type of this research was quasi-experimental design in form of nonequivalent control group design. The population of this research were all of fifth grade students in SDN Kotagede 1 Yogyakarta consisted of 63 students which divided in two classes that were class VA as the control group and class VB as the experimental group. The data collection techniques were test and observation. The data were analysed by using inferential statistics that compared t-test and normality gain test of experimental group and control group. The result showed that there is a positive influence of quartet card games toward geometric learning achievement at fifth grade students of SDN Kotagede 1 Yogyakarta. This is evidenced by t-test of experimental group and control group there was 2,364 > 2,041. This is also supported by N-Gain test of experimental group more than control group there was 0,47 > 0,35. Based on the result of this research can be interpreted that experimental group has higher difference learning result than control group.Β Β 

Key word: Games, Quartet Cards, Mathematics Learning Result, Geometry


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.