PENERAPAN PENDEKATAN LINGKUNGAN ALAM SEKITAR (PLAS) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA

Endar Dwi Jayanti

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA dengan menerapkan pendekatan lingkungan alam sekitar dalam proses pembelajaran kelas IVb SD Negeri Karangrejek II. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian siswa kelas IVb yang berjumlah 22 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis data kuantitatif dan kualitatif. Penerapan pendekatan lingkungan alam sekitar dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IVb SD Negeri Karangrejek II. Terbukti pada hasil belajar ranah kognitif pada pratindakan persentasi pencapaian KKM sebesar 45,45% meningkat menjadi 81,82% pada siklus I, pada ranah afektif dari hasil pretest yang mencapai 50% meningkat menjadi 88,98% sedangkan pada ranah psikomotorik hasil pretest sebesar 45,45% meningkat menjadi 86,19%. 

Kata kunci: Pendekatan lingkungan alam sekitar, hasil belajar 


Abstract

This study aims to improve student learning outcomes in science subjects by applying the natural environment approach around in the process of learning grade IVb SD Negeri Karangrejek II. The type of research used a classroom action research with the subject of students of class IVb which amounted to 22 students. The data collection methods used test and observation. Data analysis technique used in this research is quantitative and qualitative. The Implementation of natural environment approaches can improve student learning outcomes grade IVb SD Negeri Karangrejek II. Evident in the cognitive domain learning achievement on pretest percentage of achievement of KKM of 45,45% increased to 81,82% in cycle I, in affective domain learning achievement on pretest percentage of 50% increased to 88,98%, while the psycomotor learning achievement on pretest percentage of 45,45% increased to 86,19%. 

Keywords: natural environment, student learning outcomes 


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.