IMPLEMENTASI PROGRAM BAHASA INGGRIS DI SDIT LUKMAN AL HAKIM INTERNASONAL

Revika Niza Artiyana

Abstract


Abstrak

Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan dan memaknai implementasi program Bahasa Inggris di SDIT Luqman Al Hakim Internasional.Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) perencanaan program Bahasa Inggris yang meliputi pembelajaran Bahasa Inggris, ekstrakurikuler Bahasa Inggris, English Day, dan English Challenge didasarkan atas visi misi sekolah, yaitu Terwujudnya generasi Islami yang memiliki karakter kuat, menguasai pronsip dasar keilmuan, dan berkontribusi untuk kebaikan dunia, (2) pelaksanaan program Bahasa Inggris, yaitu program pembelajaran bahasa Inggris dan ekstrakurikuler bahasa Inggris merupakan program yang dilaksanakan di dalam kelas atau di luar kelas secara terjadwal selama satu semester, sehingga dalam tahapan pembelajarannya terdiri dari kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup, sedangkan, program English Day dan English Challenge adalah program pembiasaan bahasa Inggris di sekolah, sehingga peran guru sangat diperlukan, (3) Penilaian dan evaluasi yang digunakan dalam pembelajaran bahasa Inggris adalah dengan cara levelling yang ketercapaiannya ditulis melalui deskripsi, (4) faktor pendukung implementasi program bahasa Inggris yang paling utama adalah sumber daya manusia yang tersedia, yaitu guru, (5) kendala implementasi program bahasa Inggris di SDIT Lukman Al Hakim Internasional secara umum adalah waktu dan konsistensi penggunaan Bahasa Inggris.

Kata kunci: program Bahasa Inggris, pembelajaran, ekstrakurikuler

 

Abstract

The research aimed to describe and interpret the implementation of the English program at SDIT Luqman Al Hakim Internasional. The research approachused case study qualitative research. The result of the research showed that: (1) English program planning which included English learning, English extracurricular, English Day, and English Challenge based on the vision of the school, that was“the realization of Islamic generation that had strong character, master basic scientific principles, and contribute for the good of the world, (2) the implementation of English program, English learning and English extracurricular program was a program conducted in the classroom and outside the class scheduled for one semester so that the learning phase consists of preliminary activities, core activities, and the closing activities, meanwhile, English Day and English Challenge programs were the English language habituation program in schools, so the role of the teacher was needed, (3) the assessment and evaluation used in learning English was by leveling the achievement written through description, (4) main  factor that supported for the implementation of English programs was the available human resources, the teachers, (5) the obstacles of the implementation of the English language program at SDIT Lukman Al Hakim Internasional in general was the time and consistency of the used of English.

Keywords: English program, learning, extracurricular

 


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.