PENINGKATAN RASA PERCAYA DIRI SISWA MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING

Isti Nurjanah

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan rasa percaya diri siswa melalui strategi pembelajaran inkuiri terbimbing. Jenis penelitian yang dilakukan adalah Penelitan Tindakan Kelas dengan desain model Kemmis dan Mc Taggart. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV yang berjumlah 18 siswa. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Maret 2017 sampai bulan April 2017 di SD Negeri Widoro. Data yang dikumpulkan berdasarkan skala rasa percaya diri, observasi, dan catatan lapangan. Analisis data secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan rasa percaya diri siswa. Pada pra siklus, jumlah siswa yang memiliki rasa percaya diri pada kategori tinggi sebanyak 11%. Pada siklus I jumlah siswa dengan rasa percaya diri mencapai kategori minimal tinggi meningkat menjadi 72%. Pada siklus II jumlah siswa dengan rasa percaya diri mencapai kategori minimal tinggi menjadi 89% dan telah memenuhi kriteria keberhasilan penelitian.

Kata kunci: rasa percaya diri, strategi pembelajaran inkuiri terbimbing

 

Abstract

This research aims to improve student’s confidence through guided inquiry learning strategy. The type was Classrom Action Research uses Kemmis and Mc Taggart model. The subjects were eighteen students from second semester of fourth grade. This research held from March 2017 until April 2017 at SD Negeri Widoro. The instruments used were confidence scale, observation and field education. The type of data analysis were qualitative and quantitative descriptive. The result shows the increasing of students confidence. In the pre cycle, the number of students who have confidence in high category is 11%. In the use of first cycle, the number of students with confidence reaches minimum high category increased to 72%. In the second cycle, the number of students with confidence reaches minimum high category into 89% and fulfilled the criteria of success research.

Keyword: confidence, guided inquiry learning strategy


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.