PERMAINAN TRADISIONAL DALAM PEMBELAJARAN IPA UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR

Yusuf Sangaji

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas IVA SDN Negeri Percobaan 2 dalam pembelajaran IPA melalui integrasi permainan tradisional. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian yang berjumlah 35 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan angket. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dan kuantitatif. Integrasi permainan tradisional dalam pembelajaran IPA dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas IV SDN Percobaan 2. Hasil penelitian menunjukkan adanya
peningkatan motivasi belajar. Terbukti pada hasil perhitungan angket pratindakan rata-ratanya adalah 51,94; dan pada siklus I meningkat menjadi 61,71 kemudian pada siklus II menjadi 65,48.

Kata kunci: Permainan tradisional dalam pembelajaran IPA, Motivasi belajar


Abstract

This research aims to improve the student learning motivation of grade IVA SD Negeri Percobaan 2 in learning science through integration traditional game. This research type was classroom action research with the subjects were 35 students. Methods of data collection used observation and questionnaire. The data analysis techniques used qualitative and quantitative. The results show that the integration traditional game can improve the motivation learning science students of grade IV SD Negeri Percobaan 2. It is proved by the questionnaire results of pre-action is 51,94; and in the first cycle increase to 61,71 then in the second cycle is 65,48.

Keywords: Traditional games in learning science, motivation learn


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.