UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS VA MELALUI THINK PAIR SHARE PADA PELAJARAN IPS

Marlita Diah Milaningsih

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis menggunakan model pembelajaran kooperatif think pair share mata pelajaran IPS untuk siswa kelas VA SD Negeri 1 Sajen, Trucuk, Klaten. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) mengacu model spiral dari Kemmis dan Taggart. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Keabsahan data ini menggunakan uji validitas dari expert judgement. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model kooperatif tipe think pair share dalam pembelajaran IPS dapat meningkatkan keterampilan berpiki kritis siswa.  Pada pra tindakan, nilai rata-rata siswa yaitu 54,81 dan ketuntasan 23%. Pada siklus I, nilai rata-rata menjadi 71,35 dengan ketuntasan 61%. Pada siklus II nilai rata-rata siswa adalah 79,61 dengan presentase ketuntasan mencapai 81%.

Kata kunci: model pembelajaran kooperatif think pair share, keterampilan berpikir kritis, IPS

 

Abstract

This research aims at improving the critical thinking skill using cooperative learning model type of think pair share at social studies for grade VA student SD Negeri 1 Sajen, Trucuk Klaten. This research was classroom action research which refered to spiral model from Kemmis and Taggart. Data was collected by test and observation. The validity data used validity test from expert judgement. The analize of data used descriptive quantitative. The result shows that cooperative learning type think pair share on social studies can improve the critical thinking skill. This is showed by average scores and mastery learning percentage in pre action, cycle 1, and cycle II. In pre action, average score is 54,81 and mastery learning percentage is 23%. In cycle 1, average score  increase to 71,35 and mastery learning percentage increase to 61%. In cycle II, average score increase to 79,61 and mastery learning percentage increase to 81%.

Keywords: cooperative learning model think pair share, critical thinking skill, social studies


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.