PENINGKATAN KUALITAS BELAJAR IPS MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW SISWA KELAS V

Dwi Susanti

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan proses pembelajaran dan hasil belajar IPS siswa kelas V. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas kolaboratif yang menciptakan kolaborasi antara peneliti dan guru kelas. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik tes dan lembar observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dapat meningkatkan proses pembelajaran dan hasil belajar IPS siswa kelas V. Peningkatan proses pembelajaran dapat dilihat dari pengelolaan kelas yang dilakukan oleh guru dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dan peningkatan sikap perhatian dan partisipasi, keberanian, dan tanggung jawab. Peningkatan hasil belajar dapat dilihat dari persentase siswa yang mencapai ketuntasan pada pra tindakan, siswa yang lulus KKM yaitu dari 13,33% menjadi 66,67% pada siklus I, dan menjadi 86,67% pada siklus II.

Kata kunci: Hasil Belajar IPS, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw.


Abstract

The research aims to improve the learning process and the learning achievement of social studies in grade 5th students. The kind of research was collaborative classroom action research which was conducted in collaboration between the researcher and classroom teacher. Data collection techniques used test and observation. Data analysis techniques used quantitative and qualitative descriptive method. The results shows that Jigsaw type of Cooperative Learning model can improve the learning process and learning achievement of social studies in grade 5th students. The improvement of the process can be seen from the classroom management done by the teacher using Jigsaw and the increase of attention and participation, courage, and responsibility. The improve of social studies learning achievement can be seen from the percentage of students who pass the Minimum Grade Criterion that is from 13.33% in preaction to 66.67% in cycle I and 86.67% in cycle II. 

Keywords: social studies learning achievement, Jigsaw type of Cooperative Learning model


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.