PENGARUH GROUP INVESTIGATION (GI) TERHADAP SIKAP TANGGUNG JAWAB SISWA KELAS V

Karina Ratri Swasono

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe  Group Investigation (GI) terhadap sikap tanggung jawab siswa kelas V se-Gugus Grojogan Sewu Sukoharjo. Metode penelitian yang digunakan adalah quasy eksperiment, dengan bentuk nonequivalent control group design. Sebelum penelitian, peneliti melakukan uji validitas instrumen yang berupa validitas konstruk dan uji validitas empiris, dari uji validitas tersebut diperoleh 45 butir pernyataan yang digunakan dalam penelitian. Sampel penelitian ini siswa kelas V A SDN Telukan 2 dan siswa kelas V SDN Pandeyan 1. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan skala sikap. Rumus teknik analisis data yang digunakan adalah uji t. Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh yang positif dan signifikan dari model pembelajaran kooperatif tipe Group  Investigation  (GI) terhadap sikap tanggung jawab hal ini dapat dibuktikan dari hasil t test post test pada taraf signifikasi 5% diperoleh t hitung sebesar 2,596 yang lebih besar dari t tabel sebesar 2,021.

Kata kunci: Model Pembelajaran Kooperatif, Group Investigation (GI), Sikap Tanggung Jawab

 

Abstract

This study aims to know the influence of cooperative learning model of Group Investigation (GI) type toward the responsibility of class-V students in Grojogan Sewu Sukoharjo Cluster. This was an experimental quasy approach, with nonequivalent control group design. Prior to the study, the researchers tested the validity of the instrument in the form of construct validity and empirical validity test, the validity test obtained 45 items statement used in this research. The sample was students of class V A SDN Telukan 2 and class V students of SDN Pandeyan 1. The technique of data collection used attitude scale. Data analysis technique that used was t test. The results of this study show that there are positive and significant influence of cooperative learning model Group Investigation (GI) type, it can be proven that the result of t test in post test at 5% significance level, obtain that the result of t test is 2,596, it  more than t table of 2.021.

Keywords: Cooperative Learning, Group Investigation, Responsibility

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.