PENGARUH PENERAPAN STRATEGI MENULIS TERBIMBING TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEGAK BERSAMBUNG SISWA

Aprilia Dina Widiyawati

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh penerapan strategi menulis terbimbing terhadap keterampilan menulis tegak bersambung siswa kelas II A SD Negeri 1 Pedes Sedayu Bantul. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dan desain yang digunakan adalah quasi eksperimen design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas II SD Negeri 1 Pedes yang terdiri dari kelas II A sejumlah 21 siswa sebagai kelompok eksperimen dan kelas II B sejumlah 19 siswa sebagai kelompok kontrol. Kedua kelompok tersebut relatif sama atau setara. Objek penelitian ini adalah keterampilan menulis tegak bersambung. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes. Instrument penelitian yang digunakan berupa tes yang telah dikonsultasikan kepada expert judgment dan diujicobakan. Setelah diujicobakan soal yang valid sebanyak 6 soal. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif yaitu mendeskripsikan rata-rata, median, modus, simpangan baku, skor maksimum dan skor minimum. Hasil penelitian ini ditunjukkan dengan strategi menulis terbimbing memberikan pengaruh yang positif terhadap keterampilan menulis tegak bersambung siswa kelas II A SD Negeri 1 Pedes. Hal ini ditunjukkan rata-rata pretest pada kelompok eksperimen 61,94 dan pada kelompok kontrol adalah 61,07. Sedangkan rata-rata posttest kelompok eksperimen adalah 80,17 dan kelompok kontrol adalah 61,09 dan selisihnya sebesar 19,08. Dari selisih tersebut dapat diartikan bahwa hasil posttest kelas eksperimen lebih tinggi dari pada kelas kontrol, sehingga disimpulkan bahwa strategi menulis terbimbing memberikan pengaruh positif terhadap keterampilan menulis tegak bersambung siswa kelas II A SD Negeri 1 Pedes Sedayu Bantul.

Kata kunci: menulis tegak bersambung, strategi menulis terbimbing.

 

 

Abstract

The purpose of this research is to examine the influence of guided writing strategies implementation cursive handwriting skills on the students of Class II A SD Negeri 1 Pedes Sedayu Bantul. This research was an experimental research design used was quasi experiment design. The population of this research were the students of Class II SD Negeri 1 Pedes which consist of 21 students from Class II A as the experimental group and 19 students from Class II B as the control group. Both groups were relatively the same or equal. The object of this research was cursive handwriting skills. The data collection technique used in this research was test. The research instruments were in the form of tests that had been consulted to the expert judgment and had been tested. After being tested, there were a 6 valid questions. The data analysis techniques used was descriptive statistics which describe the mean, median, modus, standard deviation, maximum score and minimum score. Strategies gave positive influence to the cursive handwriting skills on the students of Class II A SD Negeri 1 Pedes. It showed the average pretest in the experimental group 61,94 and in the control group was 61,07. It was indicated by the experimental group posttest mean that was 80,17 and control group that was 61,09, and the difference was 19,08. From the difference above, it can be interpreted that experimental group posttest result is higher than control group, so it can be concluded that guided writing strategies give a positive influence towards the cursive handwriting skills on the Class II A SD Negeri 1 Pedes Sedayu Bantul.

Keywords: curive handwriting, guided writing strategies.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.