IMPLEMENTASI BUDAYA SEKOLAH BERBASIS KARAKTER DI SEKOLAH DASAR ALAM BENGAWAN SOLO

Adik Nurul Ummah

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan memaknai implementasi budaya sekolah berbasis karakter, nilai karakter yang telah membudaya, dan faktor pendukung dan penghambat penanaman nilai karakter di Sekolah Dasar Alam Bengawan Solo. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan metode fenomenologi sebagai upaya untuk memahami makna yang sesungguhnya dari suatu fenomena atau kejadian. Subjek penelitian ini yaitu pemilik yayasan, kepala sekolah, fasilitator, peserta didik, orang tua dan masyarakat yang ditentukan dengan teknik porposive. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Keabsahan data diperoleh melalui trianggulasi sumber dan teknik. Teknik analisis data menggunakan interaktive model menurut Miles, Huberman, dan Saldana (2014) melalui pengumpulan data (data collection), kondensasi data (data condensation), penyajian data (data display), dan penarikan kesimpulan (conclusion drawing/ verification). Hasil penelitian menunjukan bahwa implementasi budaya sekolah berbasis karakter di Sekolah Dasar Alam Bengawan Solo tercermin dalam tiga lapisan kultur yaitu nilai dan keyakinan, artifak serta asumsi yang terwujud dalam perwujudan fisik serta perilaku warga sekolah. perencanaan penanaman nilai karakter terintegrasi ke dalam kurikulum sekolah (spider web), pelaksanaan penanaman nilai karakter terintegrasi dalam setiap kegiatan sesuai tema yang telah ditentukan, evaluasi dilaksanakan secara kondisional serta forum fasilitator setiap akhir tema. Nilai karakter dapat dilihat dari lapisan nilai, artifak dan asumsi. Terdapat enam nilai karakter yang membudaya yaitu religius, kreatif, mandiri, rasa ingin tahu, komunikatif, dan peduli lingkungan. Terdapat faktor pendukung dan penghambat penanaman nilai karakter yang berasal dari orang tua dan masyarakat.

Kata kunci: budaya sekolah , pendidikan karakter, sekolah alam

 

Abstract

This research aims at describing and interpreting of implementation of cultural school based on character, values of character that has become a habit, and factors supporting and inhibiting the planting of characters in SD Alam Bengawan Solo. This research was a qualitative research with phenomenology method as an effort to understand an actual phenomenon. Data collection techniques of this research were interviews, observation, and documentation. Data validity was obtained from source triangulation and engineering triangulation. Data analysis techniques used was interactive model according to Miles, Huberman, and Saldana (2014) through data collection, data condensation, data display, and conclusion drawing/ verification. The result shows that the investment character value planning is integrated into the school curriculum (spider web). The implementation is integrating in every activity according to the theme that has been determined, evaluation conditionally executed when needed. Six values of character that is become a habit are religious, creative, independent, curiosity, communicative, and caring environment. There are supporting factors and inhibiting the planting of characters that comes from parents and communities around the school.

Keywords: School culture, character education, natural school


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.