UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AKSARA JAWA SISWA KELAS IV MELALUI MODEL PEMBELAJARAN WORD SQUARE

Wahyu Widi Astuti

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca aksara Jawa menggunakan model pembelajaran word square pada siswa kelas IV SD Negeri 1 Manjung. Penelitian ini termasuk jenis Penelitian Tindakan Kelas Kolaboratif dengan model Kemmis & Mc Taggart. Teknik pengumpulan data menggunakan  tes performance yang dilakukan dengan membaca secara lisan dan observasi dengan menggunakan alat pengumpul data berupa lembar observasi dan lembar penilaian kemampuan membaca aksara Jawa. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Data aktivitas siswa dan guru dianalisis secara deskriptif kualitatif dan hasil tes kemampuan membaca aksara Jawa dianalisis secara deskriptif kuantitatif dengan penyajian tabel dan presentase. Hasil penelitian ini menunjukkan kemampuan membaca aksara Jawa siswa dapat ditingkatkan melalui model pembelajaran word square. Peningkatan ketuntasan belajar dari sebelum tindakan 35% dengan nilai rata-rata 60,42 , menjadi 45% dengan nilai rata-rata 69,17 pada siklus pertama, siklus kedua 85% dengan nilai rata-rata 80,83.

Kata kunci: word square, membaca, aksara Jawa, sekolah dasar

 

Abstract

This research aims to improve Javanese script reading ability through word square learning model implementation at fourth grade students of SDN 1 Manjung. This research was collaborative class action research with Kemmis & Mc Taggart’s model. Data collection technique used performance tests by reading orally and observation using data collection tool, sheets of observation and Javanese script reading ability assessment sheet. Data were analyzed using descriptive qualitative and quantitative. Students and teachers activity data were analyzed descriptively qualitative and reading ability test results were analyzed descriptively Java script quantitative presentation of tables and percentage. The results of this study show that word square learning model implementation can improve Javanese script reading ability. Mastery learning of Javanese script reading ability pra-action was 35% with average 60,42 increased to 45% with average 69,17 in first cycle  and increased to 85% with average 80.83 in second cycle.

Keywords: word square, reading, java script, elementary school

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.