PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA MENGGUNAKAN MODEL TPS PADA SISWA KELAS IV SDN LEMPUYANGAN 1

Farihda Muthmainnah

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan proses keterampilan berbicara menggunakan model Think Pair Share (TPS) pada siswa kelas IV SD Negeri Lempuyangan 1 dan mendeskripsikan peningkatan hasil keterampilan berbicara menggunakan model TPS pada siswa kelas IV SD Negeri Lempuyangan 1. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas secara kolaboratif. Subjek penelitian meliputi siswa kelas IV B yang berjumlah 24 siswa. Objek penelitian ini adalah meningkatkan keterampilan berbicara menggunakan model TPS. Desain penelitian yang digunakan yakni model spiral dari Kemmis dan Taggart. Metode pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Analisis data dilakukan dengan analisis statistik deskriptif dan analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan keterampilan berbicara siswa. Peningkatan proses terlihat saat diskusi berpasangan (pair) dan saat mempresentasikan (share) karena ruang berbicara lebih banyak. Peningkatan hasil ditunjukkan pada ketuntasan nilai kelas IV B. Persentase pratindakan sebesar 12,5 % dan meningkat menjadi 52,63 % pada siklus I. Keadaan ini terus meningkat menjadi 84,21 % pada siklus II.

Kata kunci: keterampilan berbicara, Think Pair Share (TPS), meningkatkan, siswa sekolah dasar

 

Abstract

The aims of the study are describe the process of improving speaking skills and increasing conversational skills by result of using Think Pair Share (TPS) model. The study was a collaborative class action research with Kemmis and Mc Taggarts model. Data collection technique used observation and test.The subjects are 24 students. The object was improve speaking skills using TPS model. Data were analyzed using descriptive statistical analysis and qualitative analysis. The result shows that the use of TPS model can improve student’s speaking skills at 4th grade students in SDN Lempuyangan 1. The passing grade of pre action was 12,5 % increase to 52,63 % in cycle I. It eventully increased to 84,21 % in cycle II.

Keywords: speaking skill, Think Pair Share (TPS), increasing, elementary school students

 


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.