PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA MENGGUNAKAN METODE SOSIODRAMA SISWA KELAS V SD NEGERI CEPIT

Erthienda Mahardika Iswarawati

Abstract


Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah: 1) untuk meningkatkan proses pembelajaran keterampilan berbicara menggunakan metode sosiodrama siswa kelas V SD Negeri Cepit dan 2) untuk meningkatkan keterampilan berbicara menggunakan metode sosiodrama siswa kelas V SD Negeri Cepit. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas kolaboratif. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Cepit dengan subjek penelitian siswa kelas V SD Negeri Cepit yang berjumlah 22 siswa, terdiri dari 7 siswa laki -laki dan 15 siswa perempuan. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan rancangan penelitian tindakan yang dikembangkan oleh Kemmis dan Taggart dengan model spiral. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan pembelajaran keterampilan berbicara menggunakan metode sosiodrama dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas VB SD Negeri Keputran I Yogyakarta. Peningkatan keterampilan berbicara pada siklus I sebesar 3,35, dari kondisi awal 65,86 meningkat menjadi 69,21. Pada siklus II meningkat sebesar 10,2 dari kondisi awal 65,86 meningkat menjadi 76,06.

Kata kunci: Metode sosiodrama, keterampilan berbicara, SD

 

Abstract

The purposes of this research are: 1) to improve the fifth graders’ speaking skill learning process using sociodrama method and 2) to improve the fifth graders’ speaking skill using sociodrama method. The research type was collaborative classroom action research. This research was conducted at Cepit Public Elementary School, whereas the subjects were 22 fifth graders that consisted of 7 male students and 15 female students. Researcher used the spiral model – the action research design developed by Kemmis and Taggart. The data were collected by using tests, observations, and documentations. The research results show that the speaking skill learning using sociodrama method improves the speaking skill. In cycle I, the speaking skill scores increase by 3.35, whereas the initial and final scores are 65.86 and 69.21 respectively. In the cycle II, the speaking skill scores increase by 10.2, whereas the initial and final scores are 65.86 and 76.06 respectively.

Keywords: sociodrama method, speaking skill, elementary school

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.