PENGARUH PENGGUNAAN METODE PERMAINAN TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SDN TUKANGAN YOGYAKARTA

Anindya Luthfitasari

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode permainan terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SDN Tukangan Yogyakarta. Jenis penelitian ini merupakan penelitian quasy experiment dengan menggunakan desain yaitu nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas VA sebagai kelompok kontrol yang berjumlah 24 siswa dan kelas VB sebagai kelompok eksperimen yang berjumlah 23 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes, observasi, dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan yaitu soal tes pilihan ganda, lembar observasi, dan beberapa dokumen. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan statistik deskriptif, gain score, dan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang positif pada hasil belajar IPA antara kelompok eksperimen yang menggunakan metode permainan dan kelompok kontrol yang menggunakan metode ceramah, tanya jawab, dan diskusi. Hal ini dibuktikan dengan hasil rata-rata posttest yang menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelompok eksperimen sebesar 76,17 lebih baik daripada nilai rata-rata kelompok kontrol sebesar 66,67. Hal tersebut juga dibuktikan dengan hasil uji gain score 0,59 pada kelompok eksperimen yang lebih besar daripada 0,43 pada kelompok kontrol dan hasil uji-t posttest kedua kelompok diperoleh nilai thitung 3,361 > ttabel 2,02 atau nilai sighitung 0,002 < sigmin 0,05 pada taraf signifikansi 5%.

Kata kunci: Metode Permainan, Hasil Belajar.

 

Abstract

The purpose of this research is to determine the effect of using game methods on science learning outcomes of the fifth grade students at Tukangan Yogyakarta Elementary School in 2016/2017 academic year. The kind of this research was quasy experiment that use nonequivalent control group design. The population of this research was class VA as a control group that consists of 24 students and class VB as an experimental group that consists of 23 students. Data collection techniques in this research were test, observation, and documentation. The instruments of this research were multiple choice tests, observation sheets, and some documents. Data analysis techniques in this research were descriptive statistics, gain score, and t-test. The result shows that there are positive differences in science learning outcomes between the experimental group that use game method and the control group that use lectures, answer-question, and discussion methods. This was evidenced by the average of posttest results on the experimental group that is 76.17 is better than the average of posttest results on the control group that is 66.67. This was also evidenced by gain score test result 0,59 on the experimental group that’s greater than 0,43 on the control group and t-test results of posttest showed that tcount 3.361 > ttable 2.02 or sigcount 0,002 < sigmin 0.05 at significance level of 5%.


Keywords: Game Method, Learning Outcomes.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.